Detak-Palembang.com ACEH BESAR – Komando Rayon Militer (Koramil) 02/Suka Makmur menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pembuatan  Pupuk Organik bagi masyarakat di wilayah binaannya, bertempat di Halaman Markas Koramil 02/Suka Makmur Jalan Rel Kereta Api No 107 Desa Reuhat Tuha Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar, Senin (06/11). 

Kegiatan Sosialisasi ini, dipandu lansung oleh Pengganti Sementara (Pgs) Danramil 02/Suka Makmur Sersan Mayor Ujang Haryono.

Dihadapan para peserta Serma Ujang menjelaskan, bahwa ada beberapa jenis ramuan pupuk organik yang dapat di olah diantaranya Roma (Ramuan Organik Anti Hama), Rotan (Ramuan Organik Tanaman) dan Roter (Ramuan Organik Ternak).

“Berbagai jenis pupuk yang kita olah ini, memiliki khasiat yang sama dengan pupuk-pupuk yang dijual dipasaran, namun harganya lebih murah dibandingkan yang beredar di pasaran,” kata Serma Ujang

Bahan-bahan yang digunakan untuk pengolahan pupuk ini, sangat mudah di jumpai, karena mengunakan sayur-sayuran dan buah buahan segar yang banyak terdapat di sekitar lingkungan sehari hari, sehingga tidak banyak menyeluarkan biaya, hanya butuh waktu dalam prosesnya pembuatannya.

“Bahan untuk pembuatan organik ini, banyak menggunakan bahan alami dan tidak menggunakan bahan kimia, sehingga sangat mudah dijumpai, karena banyak terdapat di sekitar kita,” kata Nya.

Pgs. Danramil juga menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk membantu para petani di wilayah binaannya, dalam merubah pola pertanian yang banyak mengonsumsi pupuk berbahan kimia, sehingga para petani beralih menggunkan pupuk berbahan organik atau non kimia.

“Ini sebagai bentuk upaya kami dalam merubah pola pertanian bagi para petani di wilayah untuk beralih menggunakan pupuk berbahan organik atau non kimia,” ucap Pgs. Danramil

Masyarakat yang hadir sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat mulai dari teori yang disampaikan sampai mempratekan cara pembuatannya.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini, karena sangat bermanfaat bagi kami, semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan, agar seluruh petani di wilayah dapat menggunakan manfaat dari pupuk organik ini,” kata salah seorang warga yang mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan ini di ikuti oleh sekitar 95 orang masyarakat di wilayah binaan Koramil 02/Suka Makmur dan turut di hadiri oleh Pengasuh Ponpes Imam Syafi’I, Kapolsek, Camat, Kepala BPP Suka Makmur, Ketua KTNA Suka Makmur dan Gabungan Kelompok Tani se Kecamatan Suka Makmur.