nontonDetak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam rangka mensosialisasikan Logo baru Asian Games 2018 dan menjelang persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat, September mendatang Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan kegiatan nonton bareng (nobar) film 3 Srikandi di bioskop.

Program nobar 3 Srikandi ini serentak di Jakarta-Palembang sebagai host City Asian Games. Di Palembang, nobar dihadiri langsung Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang juga ketua Umum KONI Sumsel bersama para atlet Sumsel, atlet PPLP, Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya, Media dan Pelajar.

“Selain mensosialisasikan logo baru Asian Games, nobar ini diharapkan dapat menambah semangat atlet Sumsel berlaga di PON Jawa Barat,” ungkap Alex Noerdin usai nobar 3 Srikandi di Palembang Indah Mall (PIM), Kamis malam (4/8).

Saat ditanya mengenai 3 Srikandi, Alex Noerdin mengatakan, Film ini mampu membangkitkan semangat dan ingatan masyarakat Indonesia tentang prestasi yang pernah diraih putra-putri bangsa pada cabang olahraga panahan.

“Film ini mengandung unsur patriotisme yang tinggi, dan menggambarkan perjuangan atlet Indonsesi dalam mengukir prestasi, jadi bagi yang belum silahkan tonton,” ujarnya.

Untuk diketahui, 3 Srikandi merupakan sebuah film biopik Indonesia 2016 yang disutradarai oleh Iman Brotoseno dan produser Raam Punjabi mengisahkan tentang tiga atlet panahan asal Indonesia yang berhasil meraih medali pertama di ajang Olimpiade.

Film ini dibintangi Reza Rahardian sebagai Donald Pandiangan, Bunga Citra Lestari sebagai Nurfitriyana Saiman, Chelsea Islan sebagai Lilies Handayani, Tara Basro sebagai Kusuma Wardhani.

Tiga nama dalam film yakni Nurfitriyana, Lilies Handayani dan Kusuma Wardani merupakan tiga atlet panahan yang pernah mengharumkan nama bangsa di Olimpiade Seoul 1988.

Sementara, Donald Djatunas Pandiangan sendiri sebagai pelatih dan juga merupakan atlet panahan yang pernah meraih empat medali emas di ajang Sea Games. Berkat kepiawaiannya, pria kelahiran Sidikalang, 12 Desember 1945 ini dijuluki Robinhood Indonesia.

Diluncurkannya film 3 Srikandi pada 4 Agustus 2016 ini bertepatan dengan penyelenggaraan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Dalam ajang bergengsi ini atlet-atlet Indonesia akan mengikuti 10 cabang olahraga. Salah satunya adalah panahan, di mana Nurfitriyana menjadi pelatih.