Detak-Palembang.com JAKARTA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) memprediksi tim Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018 akan memboyong sebanyak 16 buah sampai 22 buah medali emas. Pasalnya, KONI sebagai pengawas pelaksanaan program pemusatan latihan nasional Asian Games 2018 mencatat ada 14 cabang olahraga potensial yang bisa meraih medali yaitu; cabang olahraga angkat besi, atletik, balap sepeda, bowling, bridge, bulu tangkis, dayung, jetski, panahan, panjat tebing, paralayang, pencak silat, taekwondo, dan wushu.

Dari jumlah pertandingan pada perhelatan multi cabang yang mencapai 465 nomor yang akan dipertandingkan.

“Target kami adalah 16 medali emas. Peluang perolehan medali yang disepakati KONI dengan pengurus cabang-cabang olahraga antara 16 hingga 22 medali emas,” kata Ketua Umum KONI, Tono Suratman dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR RI pekan lalu.

Tono memprediksi, pencapaian 16 medali emas bakal membuat tim Indonesia masuk 10 besar Asian Games 2018.

“Penghitungan 16 medali emas itu berdasarkan kompetisi dan kejuaraan-kejuaraan yang diikuti atlet Indonesia pada 2018 menjelang Asian Games 2018,” kata Tono.

Tono meminta, para atlet di cabang olahraga (cabor) unggulan dapat memersiapkan diri sebaik mungkin menyambut Asian Games 2018.

“Misalnya, cabang pencak silat. Dari 16 nomor pertandingan, pencak silat akan menyumbang empat medali emas,” imbuh Tono.