Detak-Palembang.com BANDA ACEH – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko melantik Kolonel  Cba Rommy Tuwaidan Jadi Kabekangdam IM menggantikan Kolonel Cba Sugito pada acara serah terima jabatan dan tradisi satuan di Balai Teuku Umar, Makodam IM, Banda Aceh, Rabu (19/9).

Pada kesempatan tersebut Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko menyampaikan, serah terima jabatan di lingkungan angkatan darat pada umumnya dan kodam iskandar muda khususnya merupakan peristiwa yang biasa terjadi, karena selain tour of duty dan tour of area, alih jabatan juga merupakan tuntutan sekaligus kebutuhan organisasi, dalam rangka pembinaan personel maupun pembinaan satuan.

Dengan memberikan pengalaman melalui penugasan yang beragam diharapkan para perwira dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan berpikir dan keterampilan yang sangat diperlukan dalam pelak-sanaan tugas ke depan.

Terkait hal tersebut, kepada Kolonel Cba Sugito beserta isteri, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan, atas dedikasi dan pengabdiannya selama bertugas sebagai Kabekangdam Iskandar Muda. semoga pengabdian yang tulus dan ikhlas yang telah diberikan selama ini dapat menjadi amal ibadah dan mendapat ridho dari tuhan yang maha kuasa, serta menjadi catatan positif dalam sejarah pengabdian dan penugasan di kodam iskandar muda. saya mengucapkan selamat jalan, semoga kesabaran dan ketegaran akan selalu menyertai dalam mendampingi suami mengemban tugas di tempat yang baru.

Selanjutnya, kepada Kolonel Inf Lambok Sihotang dan Kolonel  Cba Rommy Tuwaidan, S.H., saya mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas sebagai staf ahli pangdam bidang OMP (Operasi Militer Perang) dan Kabekangdam Iskandar Muda. saya berharap agar perwira secepatnya dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas yang baru di Kodam Iskandar Muda ini.

Demikian juga ucapan selamat datang saya sampaikan kepada ibu lambok sihotang dan Ibu Rommy Tuwaidan, dengan harapan agar dapat mendampingi suami dengan penuh keikhlasan selama bertugas di bumi Kodam Iskandar Muda ini.

Jabatan staf ahli dan unsur pelaksanaan di tingkat Kodam Iskandar Muda, pada prinsipnya memiliki tugas membantu pimpinan, memberikan saran diminta atau tidak diminta yang berkaitan dengan bidang tugasnya masing-masing. dalam rangka meningkatkan efektivitas kerja dan ikatan yang kuat antar satuan. ciptakan kerja sama yang baik melalui komunikasi dan koordinasi yang harmonis, guna mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam Iskandar Muda.

Saya mengingatkan kepada para perwira yang hari ini telah menerima jabatan baru, agar segera berkarya dan bekerja dengan baik dan benar. saya yakin dengan sikap yang kreatif, inovatif, responsif dan jiwa yang berdisiplin tinggi, perwira akan mampu meningkatkan kualitas diri guna menyongsong tugas ke depan yang semakin kompleks.

Staf ahli sebagai eselon pembantu pimpinan di tingkat Kodam memiliki fungsi dan peran yang sangat strategis. dalam pelaksanaan tugasnya staf ahli pangdam dituntut untuk dapat memberikan pertim-bangan dan saran kebijakan yang harus diambil pangdam dalam menjawab perkembangan dan perubahan kondisi lingkungan yang berubah dengan cepat.

Sedangkan kepada kabekangdam Iskandar Muda agar dapat menyelenggarakan fungsinya di bidang pembekalan, jasa dan pemeliharaan materiil. tugas ini tidak boleh dianggap ringan karena sangat berpengaruh pada pelaksanaan tugas-tugas seluruh satuan jajaran Kodam Iskandar Muda.

Sejalan dengan itu, maka para perwira harus terus meningkatkan profesionalisme dan kualitas sumber dayanya agar mampu melaksanakan tugas yang telah dipercayakan, seiring dengan perkembangan situasi dan kemajuan teknologi informasi dewasa ini. langkah-langkah proaktif, kreatif dan inovatif harus terus dilakukan dalam rangka memberikan pengabdian terbaik kepada kodam iskandar muda. jabatan yang diberikan merupakan amanah yang harus dipertanggung jawabkan kelak dihadapan tuhan yang maha esa, sehingga harus dijalankan dengan sebaik-baiknya sesuai aturan yang digariskan. dengan dilandasi harapan dan rasa optimisme yang tinggi, saya yakin para perwira, akan mampu berbuat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan dengan sebaik-baiknya.

Hadir Kasdam, Irdam, Kapok sahli Pangdan, Danrindam, Para pa ahli, Para Asisten, LO AL, LO AU, Para Kabalak, dan Para Dansat jajaran Kodam Iskandam Muda, Ketua Persit KCK Daerah Iskandar Muda beserta Wakil Ketua dan para pengurus.