Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kegiatan Wisata Matematika Bela Negara yang diselenggarakan oleh Kodim 0418/Palembang terus berlanjut. Di hari terakhir Selasa (28/11), peserta yang berasal dari siswa siswi SMP se Kota Palembang ini diajarkan sejumlah permainan hasil kombinasi pelajaran Matematika dengan Bela Negara. Tak hanya itu, puluhan siswa juga mendapat kesempatan untuk action dengan senjata milik TNI AD, Rabu (29/11).

Terlihat para peserta penuh dengan keceriaan dalam mengikuti Wisata Matematika Bela Negara, dimana siswa siswi dengan ikat kepala Merah dan Putih dibagi kelompok team work dengan nama para pahlawan. Kemudian masing-masing kelompok memainkan permainan ular tangga yang didesain hitungan Matematika dengan pesan Bela Negara. Dalam permainan tersebut, siswa harus menghitung cepat dalam waktu 10 detik dari hasil koncangan dadu. Jika kelompok menempati satu kotak pertanyaan maka harus dijawab dengan cepat. Pertanyaan yang disampaikan berkenaan dengan Bela Negara.

Usai mengikuti permainan tersebut, puluhan siswa ini pun mendapatkan pengetahuan tentang senjata TNI AD yang ada di Markas Kodim 0418/Palembang. Di sini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk memegang atau pun ber-selfie dengan senjata tersebut. “Jarang-jarang loh bisa pegang senjata, makanya kami abadikan dengan berfoto,” aku Ani Anggraini, siswi kelas VII SMPN 36 Palembang.

Sementara itu, Wakil Kepala Kurikulum SMPN 15 Palembang Dra. Massuryani, M.M. mengaku kegiatan Wisata Matematika Bela Negara sangat tepat diikuti siswa. Dengan konsep kegiatan yang menyenangkan, pesan yang disampaikan dalam kegiatan ini akan lebih mudah diterima oleh siswa. “Dari awal sampai akhir kegiatan diikuti dengan pola menyenangkan. Kami rasa, permainan seperti ini sangat baik diikuti siswa karena siswa bisa belajar Matematika sekaligus menanamkan nasionalisme. Sebab, setiap pertanyaan yang diberikan berkenaan dengan Pancasila, NKRI dan lainnya. Kami berharap agar Kodim 0418/Palembang bisa rutin melaksanakan kegiatan ini dan kami juga siap menjadi mitra Kodim,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, salah seorang petugas Klinik Pendidikan Matematika Pusat Bapak Ryky Tunggal Saputra Aji mengajak siswa untuk berpikir Supra Rasional pada Wisata Matematika Bela Negara. Ketiga cara berpikir yang dimaksud seperti jadikan Tuhan sebagai majikan, rencanakan kesusahan di awal dan jadikan pahala lebih baik dari pada harta. “Pola yang kita berikan berupa dinamika kelompok, bermain Matematika Bela Negara, praktek PBB dasar, permainan team work, demo senjata TNI AD, selfi bersama senjata,” terangnya.

Adapun pemberi materi kegiatan ini langsung dari Tim Pusat Ster Angkatan Darat, diantaranya Peltu Harsono dari Kodim 0620/Cirebon dan Klinik Pendidikan Matematika Pusat Bpk. Ryky Tunggal Saputra Aji, Bpk. Priyo Handoko dan Bpk. M. Abdul Afif.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pabandya Puanter Sterad Letkol Arm Stefie, Kasdim 0418/Palembang Mayor Inf Banu Tricahyono, PJS Pasi Puanter Korem 044/Gapo Kapten Inf HM Soberun, Pabanda Bakti TNI Sterdam II/Swj Mayor Inf Augustiar dan para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 0418/Palembang serta para Guru pendamping dari masing-masing Sekolahan.