Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kasad Jenderal TNI Mulyono menyerahkan Trophy dan penghargaan kepada para pemenang lomba pembinaan teritorial (Binter) dan lomba karya tulis teritorial dalam acara apel Danrem dan Dandim TA. 2017 yang dipusatkan di Secapa AD Bandung Jabar. Prestasi kembali ditorehkan oleh Kodim 0406/Mura Korem 044/Gapo, dengan berhasil meraih juara I lomba Binter tingkat Madya dengan Predikat Adi Manunggal Madya bidang Komunikasi Sosial (Komsos) di jajaran TNI AD, Senin (27/11).

Kodim 0406/Mura didaulat sebagai juara dalam lomba Binter tingkat Madya nasional dengan Predikat Adi Manunggal Madya bidang Komsos. Kodim 0406/Mura mewakili Kodam II/Sriwijaya dalam lomba tingkat Nasional dan bersaing dengan Kodim seluruh Indonesia. Ini bukan hanya prestasi Kodim 0406/Mura tapi prestasi seluruh prajurit dan warga masyarakat LMM (Kota Lubuklinggau, Kab. Musirawas dan Kab. Musirawas Utara),” ungkap Dandim Letkol Kav Dodi Syamsurizal, S.H.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, Binter merupakan kegiatan rutin dan harus dilaksanakan sesuai dengan petunjuk dan aturan. Terlebih, Kodim 0406/Mura merupakan Kodim yang ditunjuk oleh Kodam II/Sriwijaya untuk mewakili Kodim-Kodim lain dalam mengikuti kegiatan ini. “Atas dasar itu, program yang sudah terlaksana secara rutin kita kemas sedemikian rupa sehingga menjadi penampilan yang lebih menarik. Terlepas dari itu, dalam lomba Binter ini dilihat dari segi inovatif dan kreatifitas dalam mengaplikasikan program serta sinergitas terhadap pemerintah daerah dan masyarakat.” jelasnya.

Selain itu pihaknya mengakui tidak mudah bersaing di tingkat nasional, namun berkat didukung segenap prajurit dan masyarakat di wilayah Kodim 0406/Mura berhasil menjadi Juara I lomba Binter tingkat Madya dengan Predikat Adi Manunggal Madya bidang Komsos se Indonesia jajaran TNI AD, dalam Lomba Binter ini dilihat dari segi inovatif dan kreativitas dalam mengaplikasikan program serta sinergitas terhadap pemerintah daerah dan masyarakat, tegasnya. Sedangkan untuk juara umum predikat Adi Manunggal Madya diraih oleh Kodim 0503/Jakarta Barat, predikat Adi Manunggal Madya bidang Bakti TNI Kodim 1610/Klungkung dan predikat Adi Manunggal Madya bidang ketahanan wilayah Kodim 0717/Purwodadi.

Dalam kegiatan apel Danrem Dandim TA 2017 di Secapa AD Bandung yang mengambil tema “Melalui apen Danrem Dandim terpusat TA 2017 kita mantapkan profesionalitas aparat Komando Kewilayahan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD” ini, perwakilan dari Kodam II/Sriwijaya disamping menerima Tropi dan penghargaan juara kriteria Kodim Madya yang diraih oleh Kodim 0406/Mura, Kodim 0415/Batanghari juga mendapat juara I kriteria Kodim Utama dengan predikat yang sama yaitu predikat Adi Manunggal Utama bidang Komsos. Adapun pemenang lomba Binter tingkat Kodim Utama yang lain adalah juara Umum predikat Adi Manunggal Utama Kodim 0104/Aceh Timur, predikat Adi Manunggal Utama bidang Bakti TNI Kodim 0824/Jember dan predikat Adi Manunggal Utama bidang ketahanan wilayah Kodim 0718/Pati.