Detak-Palembang.com EMPAT LAWANG – Personel  Kodim 0405 /Lahat yang dipimpin pasi Intel CHN Purwadi menemukan dan mengamankan tanaman ganja siap panen  seluas kurang lebih 1 hektare bertempat  di kawasan Tebing Meranti, Talang Renai Payang, Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat, Sabtu dini hari (5/1). 

Dikatakan  Dandim 0405/ Lahat Letkol Kav Sungudi “penemuan ini berawal dari informasi masyarakat.Setelah itu kita melakukan penghimpunan informasi dan mengkoordinasikan ini kepada Koramil 405-05 Pendopo untuk penguasaan medan, setelah semuanya sudah siap dan matang kita bergerak dari Lahat Kamis (4/1),dengan kekuatan 15 personil yang dipimpin oleh Pasi Intel Kapten Chb Purwadi ” Ungkap Dandim.

Selanjutnya tiba di Koramil Pendopo, aparat TNI bergerak menuju Desa Lubuk Buntak, Kecamatan Talang Padang. Kemudian berjalan kaki sekitar 15 km menuju Talang Renai Payang Desa Lingge, kecamatan Pendopo Barat. Dari desa ini sekitar 500 meter, aparat bergerak ke arah lokasi ladang yang berada di kawasan tebing meranti.

Aparat sempat melakukan pengepungan dan menyisir kawasan tersebut. Selanjutnya saat menaiki bukit curam diantara belukar, tampak puluhan batang ganja siap panen tumbuh subur. Diduga tanaman ganja yang ditanam ada ratusam, lantaran saat dilakukan penyelidikan pada siang hari sebelumnya, ada puluhan batang lainnya yang sepertinya sudah dipanen atau ditebas.” Tandas Dandim

Sementara itu Pasi Intel Kapten Chb Purwadi  mengatakan, “kita hanya menemukan lahan nya untuk para pelaku yang menanam ini masih dalam proses pengejaran karena para Pelaku melarikan diri. Sementara barang bukti dan penyelidikan selanjutnya akan kita limpahkan ke pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti,” tegas Purwadi.

Kita menjalankan instruksi Presiden untuk memerangi Narkoba,  karena dapat menghancurkan negara, ketika ditanyai mengenai perkembangan selanjutnya Purwadi mengatakan, ” Untuk proses selanjutnya kita serahkan semua temuan ini kepadaPolres Empat Lawang untuk ditindaklanjuti sesuai dengan Proses Hukum

Purwadi menilai, ” Wilayah yang strategis dan sulit dijangkau membuat para pelaku dengan aman dan mudah untuk menanam Narkoba,  dengan kondisi ini jauh dari pantauan pihak keamanan, tapi kita tidak akan memberi ruang untuk  mereka yang ingin  merusak generasi muda bangsa, dimanapun kita akan terus perangi yang namanya Narkoba, ” Tegasnya.