Detak-Palembang.com BANDA ACEH – Untuk memberikan informasi sekaligus meningkatkan pengetahuan prajuritnya, Kodim 0101/BS menggelar kegiatan Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi, bertempat di Aula Makodim 0101/BS Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah Nomor 32Gampong Baru Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Selasa (05/12). 

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.IP yang diwakili Kepala Staf Kodim (Kasdim) Letnan Kolonel Arh Dedy Rahmanto, M.SI (Han).

Dalam arahannya Kasdim 0101/BS Letkol Arh Dedy Rahmanto, M.SI (Han) menjelaskan bahwa, doktrin ini merupakan ajaran dasar untuk menujang kekuatan TNI khususnya angkatan darat dihadapkan pada ancaman dan perkembangan lingkungan strategis dengan dilandasi pengalaman sejarah panjang perjuangan bangsa.

Lanjutnya, selama ini karekter prajurit mempedomani tiga hal yakni Sumpah Prajuri, Sapta Marga dan Delapan Wajib TNI. Karena awal menjadi seorang prajurit kita telah diambil sumpah, lalu kita mengeluarkan Sapta Marga kepada institusi, kemudian 8 wajib TNI kepada masyarakat.

Diakhir arahannya, Kasdim berpesan kepada seluruh prajurit Kodim 0101/BS khususnya Babinsa, dari Sosialisasi ini dapat diambil pelajaran, suri tauladan yang diterapkan kepada seluruh prajurit TNI AD.

“Ambil pelajaran dari kegiatan sosialisasi ini, Sebab Babinsa di lapangan juga jadi suri tauladan bagi masyarakat, sehingga membuat tingkat kepercayaan TNI menjadi lebih tinggi dimata masyarakat,” pungkasnya.