Detak-Palembang.com BANDA ACEH – Komando Distrik Milliter (Kodim) 0101/BS, menggelar Sosialisasi Bahaya Laten Komunis (Balatkom) dan Faham Radikal kepada Prajurit TNI dan Keluarga Besar TNI (KBT), bertempat di Aula Markas Kodim 0101/BS, Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah Gampong Baro Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Jum’at (17/11). 

Dalam Kegiatan Sosialisasi tersebut Kodim 0101/BS, mengangkat Tema dalam kegiatan ini yakni “Melalui Pembinaan Antisipasi Balatkom dan Faham Radikal, Prajurit TNI AD senantiasa waspada dan mampu mengambil langkah yang tepat dalam mengamankan dan menjaga keselamatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari segala bentuk ancaman terutama bangkitnya kembali bahaya laten komunis dan faham radikal”.

Kegiatan tersebut di buka oleh Komandan Kodim (Dandim) 0101/BS, Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.IP, yang diwakili oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0101/BS, Mayor Inf Issukandar,S.Ag.

Pasiter Kodim 0101/BS, Mayor Inf Issukandar,S.Ag dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menangkal timbulnya kembali gerakan-gerakan komunis gaya baru, dimana mereka telah berani muncul di media masa dan berbagai elemen serta karakter yang berbeda di tengah tengah masyarakat saat ini.

“Perlu di ingat, bahwa Komunis di Indonesia merupakan bahaya laten yang tidak pernah mati, akan tetapi hanya berubah bentuk dan akan terus berkembang dengan gaya yang semakin baru,” kata Mayor Inf Issukandar,S.Ag.

Dihadapan para peserta sosialisasi, Pasiter dalam materinya menyampaikan bahwa, kita sebagai aparat teritorial agar selalu waspada dan selalu memonitor apa yang terjadi di tengah tengah masyarakat saat ini, karena kita sebagai aparat kewilayahan merupakan tombak dari mata serta telinga negara, agar semua bentuk kegiatan yang dapat memecah belah serta menghacurkan kedaulatan bangsa dapat dengan cepat dicengah.

Pasiter juga mengatakan kepada KB TNI yang hadir pada sosialisasi tersebut, agar turut serta ikut mendukung menjaga keutuhan Negara khususnya para keluarga terutama anak anak kita sendiri sebagai generasi penerus bangsa agar jangan terjebak serta ikut terjerumus masuk ke faham-faham radikal tersebut.

“Semoga dengan kegiatan sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan bagi para peserta sosialisasi dan apa yang telah disampaikan kepada para peserta sosialisasi ini, dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas sehari harinya,” ucap Pasiter.