Detak-Palembang.com BANDA ACEHSebagai upaya dalam meningkatkan target Serapan Gabah Petani (Sergap) di wilayah, Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS bersama Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Aceh Besar menggelar rapat koordinasi yang berlangsung di Ruang Yudha Kodim 0101/BS Jalan S.T.A Mahmudsyah Nomor 32 Gampong Baro, Baiturrahman, Banda Aceh, Jum’at (12/01).

Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.IP dalam arahannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal upaya Kodim 0101/BS berkerjasama Distan untuk meningkatkan Sergap di wilayah khususnya Kabupaten Aceh Besar.

“Untuk itu, kedepan kami akan lakukan berbagai pertemuan sebagai langkah awal supaya target Sergap kita dapat tercapai,” ungkap Dandim

Mendukung hal itu, lanjut Dandim, pihaknya akan mengerahkan seluruh Babinsa dijajarannya untuk mengajak dan menghimbauan kepada para petani, supaya menyisihkan 10 persen gabah hasil panen padinya untuk dijualkan ke Bulog.

“Sebagai bentuk dukungan kami, maka kami kerahkan Babinsa ajak para petani agar dapat menjual Gabahnya itu ke Bulog. Diharapkan cara ini, kita bisa tembus target Sergap yang ditetapkan oleh Pemerintah,” imbuh Dandim.

Sementara itu, Kepada Dinas Pertanian (Kadistan) Aceh Besar Tarmizi, menyampaikan, bahwa pemerintah pusat telah menetapkan tentang Harga Pembelian Pemerintah (HPP) berkisar pada Rp 3.700,-. Namun harga itu dirasa sulit oleh para petani di wilayah Aceh Khususnya Kabupaten Aceh Besar.

“Karena HPP yang ditetapkan itu dirasa masih rendah untuk wilayah kita, maka kami akan koordinasi ulang dengan pemerintah pusat, supaya harganya bisa disesuaikan dengan nilai jual beli di daerah-daerah,” kata Kadistan.