Detak-Palembang.com BANDA ACEH – Mukhtar Mahdi salah seorang veteran asal Kabupaten Aceh Utara tepatnya di Lhokseumawe, Lahir di Rantau Panjang Perlak Aceh Utara, 21 Januari 1944. Beliau rela mengayuh sepedanya menempuh jarak ratusan kilo meter dari Lhokseumawe Aceh Utara menuju Banda Aceh. 

Ia rela melakukan hal itu, hanya untuk memeriahkan dan menyemarakkan hari pahlawan nasional yang jatuh pada Tanggal 10 November 2017, tepatnya Hari Jum’at besok.

Bapak Mahdi juga sempat terlihat serius menyaksikan geladi upacara peringatan hari pahlawan nasional di Lapangan Blang Padang Banda Aceh. Pada kesempatan itu pula Ia sempat berkomunikasi dengan Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda Mayor Jenderal TNI Moch. Fachrudin, S.Sos, yang saat itu sedang meninjau kesiapan upacara.

Mengetahui kegigihan dan perjuangan dari Bapak Mukhtar Mahdi tersebut, Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto,S.IP melalui anggota Provos Kodim 0101/BS memberikan santunan kepada dan juga fasilitas penginapan yakni di Mess Kodim 0101/BS, Kamis (09/11).

Diketahui, selama ini, Bapak Mahdi hanya tinggal sebatang kara dan beristirahat di sembarang tempat, kadang di pinggir jalan dan halaman pertokoan saja.

Saat di konfirmasi, Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto,S.IP menggungkapkan, rasa bangganya dan Apresiasi terhadap Bapak Mahdi yang diketahui merupakan seorang veteran asal Aceh itu, yang rela melakukan perjalanan jarak jauh yakni dari Lhokseumawe menuju Banda Aceh, dengan menggunakan sebuah sepeda tua.

“Saya salut dan bangga terhadap Bapak Mahdi yang telah menempuh jarak jauh demi memperingati Hari Pahlawan,” ucap Kolonel Inf Iwan.

Dandim menambahkan, hal yang dilakukan ini, merupakan wujud sosial dari Kodim 0101/BS dalam memperingati hari pahlawan yang telah berupaya memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia hingga saat ini.

“Ini merupakan wujud sosial Kodim dalam memperingati hari pahlawan nasional,” imbuh Dandim.