Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kodam II/Swj, akan memiliki dua Batalyon berkualifikasi Raider. Kodam II/Swj sebelumnya telah memiliki satu Yonif Raider 200/Bhakti Negara yang berlokasi di Gandus, Palembang. Dengan telah selesainya latihan pembentukan Raider Yonif 142/Ksatria Jaya TA. 2017 di Pusdiklatpassus Kopassus TNI AD Batujajar Jawa Barat, maka Kodam II/Swj akan memiliki dua Batalyon berkualifikasi raider, yakni Yonif Raider 200/BN dan Yonif Raider 142/KJ yang berlokasi di Jambi.

Selama tiga bulan para prajurit ini telah berhasil melaksanakan latihan yang cukup berat dan keras, mulai dari  Tahap Basis, Gunung Hutan, Sungai dan Pantai serta Rawa Laut dan diakhiri dengan kegiatan Han Mars menempuh jarak 130 Km selama 4 hari.

Kedatangan Yonif 142/KJ yang telah selesai melaksanakan latihan pembentukan raider, dengan menggunakan KRI Teluk Amboina 503, Senin (19/6/2017) disambut dalam suatu upacara militer bertempat di Pelabuhan Boom Baru Palembang. Hadir pada kesempatan tersebut, selain para pejabat teras Kodam II/Swj juga dari Polda Sumsel, GM. PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Manajer TPK Pelabuhan Boom Baru, masyarakat dan juga keluarga prajurit.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Operasi Kasdam II/Swj Kolonel Inf Irnando Arnold B Sinaga menyampaikan ucapan selamat datang kepada segenap prajurit Yonif Raider 142/KJ, yang telah selesai melaksanakan  latihan pembentukan Raider.

“Saya berharap kualifikasi Raider yang telah kalian  sandang tidak hanya memberikan kebanggaan dan rasa percaya diri, namun juga menambah kualitas  profesionalisme sehingga mampu dan berhasil dalam melaksanakan setiap embanan tugas,” ujar orang nomor satu di Kodam II/Swj.

Dihadapan 644 prajurit Yonif 142/KJ yang dipimpin Danyonif 142/KJ Letkol Inf Riyandi, Pangdam II/Swj menegaskan bahwa sebagai satuan raider yang memiliki kemampuan operasi mobile udara, maka satuan ini dituntut untuk mampu bergerak secara cepat, rahasia dan senyap untuk mendekati, merebut dan menghancurkan sasaran secara tepat, sebagaimana ciri khas semboyan Yonif Raider, yaitu “Cepat Senyap Tepat”.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj juga berpesan kepada prajurit Yonif 142/Kj untuk menghindari segala bentuk pelanggaran sekecil apapun dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Jangan pernah bersikap arogan dan sombong serta merasa hebat dengan perubahan status satuan ini. Utamakan koordinasi dan musyawarah dengan instansi lainnya dalam mengatasi setiap permasalahan,” pungkasnya.