Detak-Palembang.com PALEMBANG – Untuk membentuk Bintara Pelatih Muda Bela Diri Militer (BDM) yang handal dan berkualitas di satuan jajaran Kodam II/Swj, Rindam II/Swj mendidik 20 Bintara yang diproyeksikan sebagai pelatih Muda BDM di satuan jajaran Kodam II/Swj. Pendidikan Bintara Pelatih Muda BDM TA. 2017 yang diikuti 20 Bintara ini, pada Rabu (22/3) dibuka oleh Komandan Rindam II/Swj Kolonel Inf Agus Subiyanto, SE, M.Si yang diwakili oleh Wadan Rindam II/Swj Kolonel Inf Hardo Sihotang bertempat di Dodikjur Rindam II/Swj – Muara Enim.

Para Bintara yang akan dididik selama 3 bulan ini nantinya setelah lulus mengikuti pendidikan akan bertindak sebagai kader pelatih muda BDM, yang akan melatih anggota yang lain di satuannya masing-masing. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membekali para prajurit dengan berbagai teknik ketrampilan/kemampuan bela diri dan ilmu kepelatihan.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman, SH, MH, MM dalam amanat tertulis yang dibacakan Danrindam II/Swj antara lain mengatakan bahwa bela diri militer merupakan program wajib bagi satuan jajaran TNI Angkatan Darat, khususnya bagi satuan tempur dan satuan bantuan tempur serta menjadi  salah satu tolok ukur prajurit profesional.

“Sebagai prajurit profesional, yang senantiasa dihadapkan pada tugas-tugas menjaga kedaulatan negara dari kemungkinan kontinjensi, menurut Pangdam II/Swj, Bela Diri Militer  merupakan salah  satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap  prajurit. Setiap prajurit dituntut untuk mampu menguasai Bela Diri Militer, agar menjadi prajurit yang tangguh, siap menghadapi tantangan tugas apapun di lapangan.

“Bela diri militer juga menjadi bagian dari program kerja dan anggaran satuan jajaran Kodam II/Swj dan ada alokasi anggarannya, seperti pada latihan perorangan lainnya. Untuk itu, seluruh satuan jajaran Kodam II/Swj wajib melaksanakan latihan BDM, dan kalian semua nantinya adalah sebagai kader pelatih di satuan kalian masing-masing,” tandas Pangdam.

Pangdam II/Swj juga menekankan kepada peserta pendidikan agar memanfaatkan kesempatan pendidikan Bintara Pelatih Muda Bela Diri Militer ini secara serius dan penuh kesungguhan.

“Tumbuhkan semangat untuk bisa dan harus bisa. Saya percaya, dengan dilandasi semangat, dedikasi dan profesionalisme, maka semua materi pendidikan Bintara Pelatih Muda Bela Diri Militer ini, akan dapat dikuasai dengan baik,” pungkasnya.

Turut hadir pada upacara pembukaan pendidikan pelatih muda BDM, para Kepala Bagian Rindam II/Swj, Komandan Dodikjur Rindam II/Swj, Para Kadep, Pelatih, serta para perwira di lingkungan Rindam II/Swj.