Detak-Palembang.com BANGKA – Masih dalam rangkaian peringatan peringatan HUT ke 72 TNI, Kodam II/Swj dalam hal ini Korem 045/Garuda Jaya Bangka Belitung, Rabu (18/10) menggelar bakti sosial dengan sasaran masyarakat yang kurang mampu dan perlu perhatian.

Kegiatan Baksos yang dihadiri Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq SH MH, yang mewakili  Pangdam II/ Swj Mayjen TNI AM Putranto, S.Sos dipusatkan di Ds. Kace Kabupaten Bangka.

Kegiatan Baksos yang dilaksanakan meliputi pengobatan massal, pemberian sembako, pemasangan KB, peresmian sumur bor dan MCK Umum, penyerahan hasil bedah rumah, penyerahan jamban dan semen.

Ribuan masyarakat Bangka tampak tumpah ruah dan antusias mengikuti Kegiatan Baksos , yang juga dihadiri Wagub Babel Bapak Abdul Fattah beserta FKPD, Irdam II/Swj dan para pejabat teras Kodam II/Swj, Danrem 045/Gaya Kolonel Inf Abdurrahman, Ketua Persit KCK PD II/Swj, Ny. Annies Putranto beserta pengurus, Ketua.Persit Koorcab Rem 045/Gaya,   Pejabat TNI & Polri, Bupati dan Forkompimda Bangka, Dandim 0413/Bangka Letkol Daniel L Nainggolan,  BUMN PT. Timah,  tokoh agama, tokoh masyarakat, Ormas komunitas  penggemar olah raga otomotif dan segenap lapisan masyarakat.

Pangdam II/Swj dalam sambutan tertulis  yang dibacakan Kasdam II/Swj menyampaikan bahwa kegiatan baksos yang digelar di seluruh Korem jajaran Kodam II/Swj selain dalam rangka peringatan HUT TNI juga sebagai wujud kepedulian TNI bersama Pemda dan komponen masyarakat terhadap kesejahteraan masyarakat. Seluruh rangkaian kegiatan HUT TNI merupakan penjabaran dan implementasi dari tema HUT TNI ke -72 bersama rakyat TNI kuat.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam II/Swj juga menyampaikan terima kasih dan apreasi  kepada Pemda Provinsi Babel & Kab. Bangka, BUMN dan semua pihak yang turut serta menyukseskan Baksos HUT TNI.

Dalam.kesempatan tersebut, Wagub Babel menyampaikan terima kasih kepada  TNI atas penyelenggaraan Baksos, yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

” TNI berasal dari rakyat, berjuang bersama dan untuk rakyat dan demi kepentingan rakyat, TNI bersama rakyat akan semakin kuat menjaga keutuhan NKRI” ujarnya.

Usai meninjau Baksos Kasdam II/Swj, didampingi Irdam II/Swj, pejabat TNI, Polri, Pemda,  dan komunitas penggemar olah raga otomotif melaksanakan off road menggunakan mobil off road dan  motor trail menjelajah indahnya destinasi alam wilayah Bangka mulai dari Ds. Kace dan finish di Pantai Semujur Bangka Tengah serta dilanjutkan makan siang bersama.

Silaturahmi Off Roader

Sebelumnya, Rabu (17/10) Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM Putranto, S.Sos bertempat di ruang Bandara Dipati Amir Pangkal Pinang menggelar pertemuan  silaturahmi dengan komunitas off roader yang ada di wilayah Babel.

Pangdam II/Swj menyampaikan bahwa kegiatan off road, bukan hanya sekedar olah raga otomotif atau hura hura .tetapi juga mengemban misi sosial dengan melakukan bakti sosial di  tempat yang disinggahi, terlebih di lokasi yang sulit dijangkau, seperti kalau terjadi bencana, kendaraan rekan2 off road inilah diharapkan dapat membantu terjadinya bencana.

“Kegiatan off road ini juga untuk membangun kebersamaan, kekeluargaan dan semangat persatuan serta silaturahmi dengan berbagai pihak”, ujarnya.