Detak-Palembang.com JAMBI – Batalyon Infanteri 142/Ksatria Jaya akhirnya secara resmi diubah menjadi Batalyon Infanteri Raider 142/Ksatria Jaya. Validasi dan peresmian Yonif Raider 142/Ksatria Jaya Korem 042/Garuda Putih Kodam II/Sriwijaya tersebut diresmikan dalam suatu upacara yang dipimpin langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., Rabu (24/10/2018) bertempat di lapangan Markas Yonif Raider 142/KJ di kawasan Kasang, Jambi Timur, Provinsi Jambi.

Hadir dalam upacara peresmian tersebut, Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Dany Budiyanto, Wakapolda Jambi Brigjen Pol Ahmad Haydar, para Unsur FKPD Provinsi Jambi, Danyonif Raider 142/Ksatria Jaya Mayor Inf R. Ikhsanudin, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda serta tamu undangan lainnya.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., dalam amanatnya mengatakan, bahwa perubahan ini merupakan bagian rencana strategi TNI AD dalam rangka pembangunan kekuatan untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF), sekaligus mewujudkan organisasi TNI AD yang modern, efektif, efisien, profesional dan sesuai dengan tuntutan serta tantangan tugas serta perkembangan lingkungan strategi global.

Disamping itu, sambung Pangdam, peresmian validasi dan pengembangan satuan ini juga memiliki makna yang strategis guna memaksimalkan Effect deterrence dan dalam rangka pengamanan wilayah serta sebagai respon terhadap perkembangan lingkungan strategis dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas TNI Angkatan Darat.

Terkait hal itu, Pangdam berharap dengan kualifikasi Raider yang dimiliki, harus lebih siap dan mampu melaksanakan tugas-tugas khusus yang menjadi bagian dari perang atau pertempuran konvensional. “Hal tersebut sesuai motto Prajurit Raider, yaitu Mampu Bergerak secara Cepat, Tepat dan Senyap untuk mendekati, merebut dan menghancurkan sasaran,” tegasnya.

“Bertugaslah secara profesional dan jangan menjadi prajurit arogan kepada masyarakat dan aparat negara lainnya. Bertugaslah dengan hati dan sopan santun dalam berinteraksi dengan masyarakat dan komponen bangsa lainnya,” ujar Jenderal Bintang Dua ini.

Diakhir amanatnya, Pangdam meminta seluruh Prajurit Yonif Raider 142/Ksatria Jaya agar segera beradaptasi dan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas organisasi yang baru. “Jalin kerjasama dengan aparat pemerintah daerah, Polri dan masyarakat lainnya, sehingga tugas yang diemban dapat berjalan dengan baik dan membanggakan,” tuturnya.

Dengan telah diresmikannya Batalyon Raider 142/Ksatria Jaya oleh Pangdam II/Swj, maka Kodam II/Swj telah resmi memiliki 2 (dua) Batalyon berkualifikasi Raider, yakni Yonif Raider 200/Bhakti Negara yang berlokasi di Gandus, Palembang dan Yonif Raider 142/KJ yang berlokasi di kawasan Kasang, Jambi. Para prajurit Raider ini telah mengikuti latihan pembentukan Raider selama tiga bulan di Pusdiklatpassus Kopassus TNI AD Batujajar, Jawa Barat.