Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam rangka memperingati Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-73 Tahun 2018, Kodam II/Swj Jum’at (17/8/2018) menggelar upacara HUT RI, bertempat di lapangan Jasdam II/Swj Km 9 Palembang. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun.

Upacara diikuti juga oleh para Staf Ahli dan Staf Khusus Pangdam II/Swj, para Asisten dan Kabalakdam II/Swj, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam II/Swj yang bertugas di wilayah Garnizun Palembang serta Mahasiswa Akper Kesdam II/Swj.

Upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI yang berlangsung tertib dan khidmat, ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, dengan iringan lagi Indonesia Raya, pembacaan teks Proklamasi oleh Inspektur Upacara, yang diawali dengan “Tanda Kebesaran Buka” dan diakhiri dengan “Tanda Kebesaran Tutup”, Pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Doa.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono dalam amanat tertulis yang dibacakan Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun menyampaikan bahwa, upacara yang kita laksanakan setiap tahun ini sepatutnya menjadi momen-momen istimewa yang membawa kita kembali untuk flash back pada sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia puluhan tahun silam.

Kasad mengungkapkan, Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia berlangsung di tengah kekacauan akibat adanya kekosongan kekuasaan (Vacuum of power) dimana proses penyerahan tanpa syarat Penjajah Jepang kepada Sekutu belum secara  tuntas  diselenggarakan.

Kelompok-kelompok Pemuda mengambil inisiatif mendesak Soekarno-Hatta agar segera mendeklarasikan kemerdekaan tanpa menunggu janji kemerdekaan dari Penjajah. Sebuah keputusan yang berani namun mengandung nilai luhur perjuangan yang sangat prinsipil, yaitu kemerdekaan dengan kekuatan sendiri. “Inilah salah satu tonggak sejarah yang menunjukkan watak dasar Bangsa Indonesia sebagai Bangsa pejuang yang memiliki tekad yang kuat untuk memperjuangkan kepentingan Bangsanya dengan kekuatan sendiri”, ujarnya.

Dari sejarah tersebut, sudah sepatutnya pada upacara yang khidmat ini, kita menundukkan kepala sejenak untuk merenungkan semua perjuangan dan pengorbanan  yang telah diberikan para pahlawan kita, serta memberikan penghormatan atas segala perjuangan dan pengorbanan mereka kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Marilah kita berdoa semoga cita-cita dan semangat perjuangan mereka dapat diteruskan oleh kita dan anak cucu penerus kita guna menghadapi tantangan dan hambatan yang tengah dan akan dihadapi oleh Bangsa Indonesia saat ini”, ucap Kasad.

Pada kesempatan tersebut, Kasad juga tidak hanya menyampaikan kemajuan-kemajuan disegala bidang selama 73 tahun kemerdekaan Indonesia yang menjadikan Indonesia dihormati dunia, tapi juga mengapresiasi prestasi yang telah dicapai oleh Prajurit TNI AD. Dimana kedudukan Indonesia yang dihormati didunia tersebut turut diperkuat dengan peran penting TNI khususnya TNI AD sebagai kekuatan militer yang disegani baik dengan kontribusinya dalam menangani berbagai gejolak di dalam negeri maupun prestasinya di dunia internasional.

Pada peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI ini mengangkat tema “Kerja Kita, Prestasi Kita”. “Sesuai dengan tema tersebut diharapkan agar semangat untuk bekerja dan tekad kuat untuk terus berprestasi dapat diaplikasikan keseluruh Prajurit dan PNS TNI AD dalam kehidupan sehari-hari melalui peningkatan kinerja dan professionalisme. “Tentunya prestasi kerja tersebut hanya bisa dicapai dengan berdisiplin, bersikap jujur, bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh keihklasan”, kata Kasad.

“Selamat Bertugas, Dirgahayu Republik Indonesia, Tetap Semangat…. “, tegasnya.