Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) harus mampu berperan aktif menangkal pemberitaan tidak benar (hoax) yang beredar di masyarakat. Tugas utama KIM adalah memberikan informasi yang benar kepada masyarakat tentang informasi program yang dilaksanakan Pemerintah Kota Palembang. 

Demikian diungkapkan Sekda Kota Palembang Drs H Harobin Mustofa pada pembukaan Sosialisasi Pelayanan Informasi Publik, Selasa (13/2), di Hotel Swarna Dwipa Palembang. Sosialisasi diikuti Camat, lurah, dan 1.070 anggota Kelompok Informasi Masyarakat dari 107 kelurahan.

Sekda mengatakan, dimasa teknologi yang semakin canggih, informasi masyarakat dapat didapatkan dari banyak sumber. KIM diharapkan menjadi sumber pemberitaan yang benar di masyarakat.

“Kehadiran KIM merupakan terobosan baru yang harus dipertahankan. KIM adalah pintu informasi sebagai ‘penyambung lidah’ dalam penyampaian informasi terkait pelaksanaan program pemerintah khususnya program Pemerintah Kota Palembang,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, banyak pemberitaan miring terkait program Pemerintah Kota Palembang. Menurutnya, KIM harus mampu meluruskan serta menyeimbangka. pemberitaan yang tidak benar demikian.

“Bila ada yang mengatakan tidak ada pembangunan di masa Walikota Palembang H Harnojoyo, berarti orang ini tidak ‘melek’ dan melihat kenyataan yang ada. Begitu banyak program pembangunan yang dilaksanakan dalam mewujudkan visi Palembang Emas 2018 baik fisik dan non fisik,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi tersebut sangat baik untuk membekali KIM dengan kemampuan komunikasi informasi yang baik. Melalui sosialisasi tersebut dirinya berharap anggota KIM dapat semakin aktif mencerdaskan masyarakat melalui informasi yang benar.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kota Palembang Drs H Yanurpan, sosialisasi ini merupakan tindak lanjut launching Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) beberapa waktu lalu. Keanggotaan KIM berjumlah 1.070 orang masing-masing 10 orang di tiap kelurahan.

“KIM ini sebagai penyebar informasi yang sehat kepada masyarakat. Anggota KIM terdiri dari ketua RT, RW, dan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Tugas utama KIM adalah memberikan informasi yang benar kepada masyarakat tentang informasi program yang dilaksanakan Pemerintah Kota Palembang. KIM juga harus mampu menangkal pemberitaan tidak benar yang beredar di masyarakat.