Detak-Palembang.com MOSKWA – Pemimpin negara Korea Utara (Korut), Kim Jong Un yang selalu membuat pemerintah Amerika Serikat (AS) yang di pimpin Donald Trump dan seluruh pejabat AS kalang kabut. Selain mempunyai senjata nuklir, Korut juga memiliki rudal balistik antar benua (ICBM) Hwasong-15 yang jarak tempuhnya mencapai 13.000 kilometer atau hampir berbagai belahan dunia manapun.

Kondisi ini lah yang membuat presiden Rusia, Vladimir Putin, berkomentar bahwa Kim Jong Un menang di “ronde awal” dari Donald Trump. Pernyataan itu dilontarkan Putin di sela-sela memimpin rapat di Moskwa seperti dikutip Sky News, Kamis (11/1).

Sepanjang tahun 2017 lalu, Korut telah melakukan 16 kali uji coba terhadap 23 rudal,tTiga di antaranya berstatus ICBM. Selain itu, pasca-uji coba Hwasong-15 29 November 2017, Kim dengan tegas mengatakan Korut telah layak disebut sebagai “Negara Nuklir” bersanding dengan AS dan Rusia.

“Jadi, bisa dikatakan Tuan Kim Jong Un telah memenangkan ronde pertama. Sebab, dia telah mencapai seluruh tujuan strategisnya,” kata Putin.

Putin menjelaskan, apa yang dilakukan Kim tidak sekadar membuat Pyongyang dijatuhi sanksi baru dari AS dan PBB.