Detak-Palembang.com MUARADUA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Selatan, melantik langsung 777 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se kabupaten, Sabtu (11/11) siang di Gedung Serba Guna Binjai Bumi Agung.

777 orang itu terdiri dari 252 desa dan 7 kelurahan dari 19 kecamatam dimana masing-masing desa atau kelurahan beranggotakan 3 orang anggota PPS.

Dalam sambutannya usai melantik, Ketua KPU Kabupaten OKU Selatan Hendri Daya Putra, S.Ag mengungkapkan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pihaknya telah menyelesaikan tahapan rekrutmen PPK dan PPS tepat pada waktunya yaitu tanggal 11 November 2017.

“Kepada bapak-bapak dan ibu-ibu anggota PPS kami tekankan, bekerjalah dengan baik, sungguh-sungguh dan bekerjalah sesuai dengan undang-undang yang berlaku” tegas Hendri.

Lebih lanjut ia menyatakan, bahwa pelaksanaa rekrutmen anggota PPK dan PPS untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 berbeda dengan pemilu yang lalu, karena saat ini melalui proses seleksi yang dari hasil seleksi akhirnya ditetapkan 3 nama.

Selain itu ia juga meminta mereka intuk melaksanakan tugas dengan penuh kesungguhan dan tanggungjawab.

“Mungkin pada waktunya nanti bapak ibu akan bererja dalam kondisi malam atau hujan deras, namun hal itu bukan menjadi alasan” tukas komisoner yang sudah menjabat 3 periode itu.

Mengingat tugas beratnya, PPS harus siap bekerja dalam keadaan apapun, tidak boleh tidak tugas harus tetap dilaksanakan dalam keadaan apapun.

Meski tugasnya berat, Hendri megakui sesungguhnya tidak sesuai dengan honorarium yang akan diterima.

Namun mereka tetap semangat,  yang ditunjukkan anggota PPS sejak proses rekrutmen hingga pelantikan hari ini, oleh karena itu pihaknya memberikan penghargaan yang tinggi kepada mereka.

Terakhir, ia atas nama KPU berharap dukungan penuh dari bupati dan jajarannya dalam melaksanakan tugas pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun depan.

Sementara itu Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten III H. Ramin Hamidi, SH menyampaikan ucapan selamat atas telah dilantiknya anggota PPS pada hari ini.

Kepada anggota PPS diharapkan mampu untuk bekerja keras dalam melaksanakan tugas pada Pilgub dan Wagub Sumsel tahun 2018 mendatang dengan baik, sehingga akan terwujud pemilihan yang jujur dan adil.

Ia juga berpesan, “PPS harus independen dan netral tanpa intrvensi dari pihak tertentu serta harus bekerja sesuai tupoksi dengan bertanggungjawab”.
Pemkab OKU Selatan berharap agar pelaksanaan pilgub nanti berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan gubernur yang baik.

Setelah acara pelantikan, para anggota PPS langsung mengikuti pembekalan dalam untuk agar mereka lebih siap dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan pemungutan suara tahun 2018 mendatang.