Detak-Palembang.com PALEMBANG – Satgas TMMD ke 101 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab Belitung Timur menggelar Penyuluhan kesehatan Masyarakat Limbungan, Rabu (11/04).

Penyuluhan Kesehatan dulaksanakan tadi malam pukul 19.00 sampai dengan 22.00 Wib di Desa Limbongan  Kec Manggar Kab Beltim  tenaga penyuluhya Bapak Gunawan Setiadi dari Dinas. Kesehatan Kab Beltim.

Materi yang disampaikan mengajak masyarakat hidup sehat dengan setia pada pasangannya tidak ganti ganti pasangan yang rentang dengan penyakit  HIV dan Aids.

Narasumber mengulas  gambar kasus HIV/AIDS dan IMS (Inpeksi Menular Seksual) di Wil Kab. Beltim begitu mencengangkan para warga masyarakat. “Cara Penularan penyakit HIV dan Aids ini melalui darah yang bercampur melalu Transfusi darah, melaluu jarum suntik dan melakunan tato. tindik menggunakan alat yang tidak sterilk maupun luka yang terkontaminasi darah HIV maupun AIDS”

“Hubungan sexs bebas, ganti ganti pasangan tidak aman yang rentang sekali menularkan kepada istri maupun anaknya apabila kita terkena HIV maupun AIDS”.

“Penyakit HIV dan AIDS tidak menular melalui  gigitan nyamuk, verciuman pipi, hidup satu rumah dengan penderita”penjelasan Gunawan.

Sementara  Ketua BPD Desa Limbungan Bapak Rifani menyampaikan
“Kedekatan TNI dengan rakyat bisa sangat besar manfaatnya seperti sekarang ini kegiatan program TMMD yang saat ini  sedang berjalan di Desa Limbongan”.

Dengan adanya kegiatan  penyuluhan akan meningkatkan ilmu pengetahuan tentang hidup sehat bagi warga masyarakat  Lumbungan” “Nantinya walaupun kegiatan TMMD ke 101 sudah selesai diharapkan kegiatan Penyuluhan seperti ini tetap dilakukan, terutama kepada kaum pemuda” Papar Ketua BPD

Hadir dalam kegiatan penyuluhan kesehatan antara lain Pasi Ter Kapten Inf R Triyuwono, Kades  Limbongan Bapak Japari, para Kadus. Ketua BPD. Ketua RT Ketua Adat. Ketua karang taruna. Ketua sanggar. Ketua PKK serta 100  warga Desa Limbongan