Detak-Palembang.com PALEMBANG – Walikota Palembang H. Harnojoyo secara resmi mengokohkan Asosiasi industri kecil menengah kerajinan dan sandang kota Palembang di kediaman dinas Walikota Palembang, Minggu (04/02).

Asosiasi ini merupakan perkumpulan dari para pengrajin di Palembang dalam rangka terus melesarikan budaya dan kerjaninan khas Palembang hingga mendunia.

Dalam sambutannya, Harnojoyo berharap melalui asosiasi ini, para pengrajin mempunyai wadah baru untuk berkomunikasi dan silaturahmi demi memajukan kerajinan khas Palembang.

“Begitu banyak kerajinan khas Palembang yang mempunyai nilai tinggi, ini harus terus dilestarikan, dengan adanya asosiasi ini mempermudah para pengrajin untuk memasarkan karyanya,” kata Harnojoyo.

Harnojoyo menambahkan, momen asian games mendatang harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk memasarkan kerajian khas Palembang.

“Asian games nanti akan banyak tamu yang berkunjung ke Palembang, menjadi saat yang tepat untuk mempromosikan budaya dan kerajinan Palembang,” ujarnya.

Ketua Asosiasi industri kecil menengah kerajinan dan sandang kota Palembang, Ratu Anata Sopia mengatakan, kepengurusan yang baru saja dikukuhkan ini menjaring seluruh pengusaha dan pengrajin di Palembang.

“Ini asosiasi pertama yang terbentuk di Palembang, kita ingin merangkul semua pengusaha dan pengrajin dalam satu wadah,” ujar Ratu.

Ratu menambahkan, program kerja kedepan akan membawa kerajinan Palembang go International.

“Kain-kain kerajinan khas Palembang ini mempunyai kekayaan intelektual yang sangat tinggi, kami targetkan akan go international, dengan kekompakan seluruh pengurus asosiasi dan pembinaan dari Pemerintah kota Palembang, kami yakin visi ini akan tercapai,” pungkasnya.