Detak-Palembang.com OKU – Seluruh Kendaraan Dinas (Randis) yang dimiliki Kodim 0403/OKU dikumpulkan di Markas Kodim untuk dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan pengecekan fisik kendaraan. Pengecekan Randis ini dipimpin oleh Pasiintel Kodim 0403/OKU Kapten Inf Hasan Jabar Tanjung bersama Dansubdenpom II/4-4 Baturaja Kapten Cpm Gatot Udiyono dan Kabenglap I/4-II Baturaja Mayor Cpl Ramaizir, Selasa (5/3/2019).

Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, S.Sos. melalui Perwira Seksi Intelijen (Pasiintel) Kodim Kapten Inf Hasan Jabar Tanjung mengungkapkan, pemeriksaan Randis tersebut dilakukan untuk mengetahui kesiapan, dan kelengkapan serta kondisi dari kendaraan yang digunakan untuk operasional anggota TNI tersebut.

“Seluruh Randis yang dipegang oleh anggota Kodim 0403/OKU mulai dari kendaraan roda dua dan roda empat dikumpulkan dan diperiksa untuk dicek kondisi fisik kendaraan mulai dari mesin, kaca spion, lampu utama, lampu sen serta kelengkapan lainnya termasuk kelengkapan administrasi berupa STNK dan SIM”, kata Tanjung.

Selain pemeriksaan secara fisik dari kelengkapan kendaraan, juga dilakukan service ringan dan penggantian oli mesin yang dilakukan oleh Benglap I/4-II Baturaja. “Ada juga dari Benglap Baturaja dilibatkan yang memang mengerti mesin kendaraan sehingga setelah dilakukan pemeriksaan langsung dilakukan service dan mengganti oli kendaraan”, jelasnya.

Menurutnya, tidak ada kendaraan yang rusak berat dan seluruhnya dalam kondisi baik dan laik pakai. Ia berharap para pemegang kendaraan dinas untuk rutin memeriksa kendaraannya agar tidak menghambat dalam menjalankan tugas.

“Semua kondisi baik semua, hanya saja tadi ada beberapa kendaraan yang sudah harus mengganti ban, kemudian lampu sen yang sudah mati sebelah, dan baterai (aki) yang sudah soak, dan sudah diminta kepada pemedangnya untuk segera mengganti dengan yang baru”, urai Kapten Tanjung.

Ditambahkannya Komandan Subdenpom II/4-4 Baturaja Kapten Cpm Gatot Udiyono, tak hanya kondisi fisik kendaraan yang diperiksa, namun juga kelengkapan administrasi pemegang kendaraan seperti STNK dan SIM khusus TNI dan SIM sipil. “Pengecekan ini dilakukan juga untuk menegakkan kedisiplinan dari anggota dalam berlalu lintas dan selalu merawat kendaraan dinasnya. Ada beberapa anggota yang kita ingatkan agar bagi anggota yang SIM-nya sudah berakhir masa berlakuknya, agar segera diperbarui”, pungkasnya.