Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Agar kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun 2015 yang menyebabkan bencana kabut asap tidak terjadi, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) adakan Rapat Persiapan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Pada Penyelenggaraan Asian Games 18 tahun 2018, di Hotel Exelton Palembang, Rabu (11/04).

Dikatakan,YB Satya Sananugraha, Sekretaris Kemenko PMK bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan Asian Games 2018 harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

“Dalam rapat koordinasi tingkat menteri yang diikuti oleh menteri-menteri terkait dibicarakan hal-hal teknis sampai yang terkecil berkaitan dengan Asian Games,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya mengadakan rapat koordinasi yang berkaitan dengan kebakarah hutan dan lahan. Rakor yang diadakan untuk mengkoordinir satuan-satuan atau SKPD-SKPD, Unit-Unit yang terkait dengan kebakaran hutan harus siap siaga.

“Karhutla menjadi tanggung jawab kita semua, siapa yang mau kebakaran hutan, sehingga menimbulkan bencana kabut asap. Pencegahan kebakaran hutan, ada pada kita semua,” tegasnya.

Bila sudah berusaha tetapi masih terjadi kebakaran maka menjadi tugas BNPB dan Basarnas serta kementerian atau instansi lain yang terkait.