Detak-Palembang.com MUARADUA – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melakukan rolling beberapa jabatan pengawas dan fungsional, Rabu (08/11) siang di Gedung Dewan Kesenian, kompleks pemkab setempat.

Dari beberapa jabatan yang mengalami perubahan pejabatnya, paling banyak adalah kepala KUA, ada yang bertukar tempat tugas di KUA yang berbeda, ada pula yang menjadi kepala seksi di kantor Kemenag OKU Selatan.

Pelantikan  6 orang kepala KUA dan 1 Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh itu langsung dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan H. Abdul Harris Putra, S.Ag, M.Pd.I.

Pelantikan itu juga disaksikan oleh Kabag TU Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan Drs. H.  Faidol Barokat, M.Pdi.

Selain itu juga disaksiskan langsung oleh seluruh ASN di bawah naungan kementerian agama yang terdiri dari Kepala KUA, kepala madrasah, pegawai kantor baik yang PNS maupun non PNS, guru yang PNS dan honorer, tak pula ketinggalan adalah 112 orang Penyuluh Agama Islam non PNS.

Kedatangan mereka, selain  untuk menyaksikan pelantikan, juga akan mendapatkan pembinanan dari kanwil.

Dalam sambutannya usai melantik, H. Abdul Haris Putra menyatakan rasa bangganya atas kehadiran Kabag TU Kanwil Kemenag Sumatera Selatan di Kabupaten OKU Selatan mewakili kakanwil.

“Oleh karena itu, kami mengumpulkan seluruh unsur di Kemenag OKU Selatan mulai dari Pejabat di lingkungan kantor, kepala madrasah hingga kepala KUA, dengan harapan kami semua dapat menerima pengarahan dan pembinaan langsung dari Kakanwil” ujar Abdul Haris lebih lanjut.

Agar ke depan pihaknya bisa lebih baik lagi dalam bekerja serta melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.

Kemudian Abdul Haris melaporkan beberapa data kepada Kakanwil, antara lain data penduduk, data madrasah baik Negeri maupun swasta, guru baik PNS maupun honorer, data ormas sampai dengan data jumlah penyuluh agama non PNS yang berjumlah 112 orang.

Selain itu dia juga mengungkapkan bahwa hubungan antara kemeneterian agama denga Pemkab OKU Selatan selama ini sudah sangat baik dan harmonis.

“Terbukti pada hari ini kami diperkenankan untuk memakai Gedung Dewan Kesenian, mengingat kami belum memiliki gedung pertemuan” terang pria yang murah senyum itu.

Sementara itu dalam pengarahan dan pembinaannya Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan H. M. Alfajri Zabidi yang dibacakan oleh Kabag TU Faidol Barokat menyatakan bahwa pengembangan karir PNS dalam hal pengangkatan pejabat bukanlah sebuah proses yang sederhana dan mudah.

“Diperlukan banyak pertimbangan agar dapat memperoleh pejabat yang tepat untuk menduduki sebuah jabatan” terang Faidol lebih lanjut.

Keputusan yang tepat menurutnya akan meningkatkan motivasi kerja seseorang demi hasil kerja yang memuaskan.

Kepada para pejabat yang baru saja dilantik pihaknya menyampaikan ucapam selamat.

“Kami yakin dan percaya, pejabat yang yang dilantik hari ini merupakan sosok yang paling tepat untuk menempati posisi masing-masing” katanya optimis.

Dan ia juga yakin bahwa mereka akan mampu mengemban tugasnya dengan baik.