Detak-Palembang.com BABAT TOMAN – Kantor Urusan Agama Kecamatan Babat Toman menggelar Bimbingan Manasik untuk para calon jamaah haji, bertempat di masjid Istito’ah Desa Kasmaran Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan.

Kepala KUA Babat Toman sekaligus Ketua Pelaksana Yu’as Kenari, S.Ag dalam laporan sambutannya mengatakan bahwa “kegiatan bimbingan manasik kali ini dibagi per zona oleh Kemenag muba, sedangkan kegiatan hari ini  zona  I meliputi 4 kecamatan diantaranya Kecamatan Sanga Desa,Babat Toman,Plakat Tinggi dan Lawang wetan.

Berlangsung selama 4 hari yakni mulai senin 9 juli sampai dengan 12 juli 2018, jumlah seluruh calon jema’ah haji untuk wilayah Zona I tahun 2018 laki-laki 18 orang dan perempuan 28, jadi keseluruhan 46 calon jema’ah haji” ungkapnya. Senin (09/07/2018).

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten muba yang diwakilkan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Bapak H. Muhammad Albar, Lc. M.H.I, “Dalam bimbingan manasik haji dengan tujuan utamanya adalah mencetak haji mandiri,artinya para jamaah haji itu bisa melaksanakan semua rangkaian rukun dan sunah ibadah haji secara mandiri,tidak bergantung kepada jamaah haji yang lain.

”Selain Hafalan doa dalam pelaksanaan kegiatan manasik haji juga harus para jamaah diharapkan bisa lebih memahami tentang praktek dalam ibadah haji nya,untuk itulah mengapa kami menggunakan replika ka’bah dalam kegiatan kali ini,dikarenakan minimal para jamaah bisa paham tatacara berhaji dan membayangkan dari sekarang posisi ka’bah nanti,sehingga Insha Allah para jamaah bisa menjadi haji yang mabrur,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala KUA, Camat Lawang Wetan, Humas Polsek Babat Toman, Dinas Kesehatan Babat Toman, MUI, Penyuluh Agama Islam Babat Toman dan IPHI (ikatan Persaudaraan Haji Indonesia).