HALAL BIHALAL

Detak-Palembang.com PANGKALAN BALAI – Ribuan guru menghadiri Halalbihalal Keluarga Besar PGRI Kabupaten Banyuasin. Tradisi yang biasa digelar setelah hari raya Idul Fitri ini digelar di Graha Sedulang Setudung, Kamis, 21 Juli 2016.

Ketua PGRI Kabupaten Banyuasin yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin, Drs. H. Umar Usman, M.Si mengungkapkan kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan silahturahmi dan persaudaraan diantara sesama anggota keluarga besar Persatuan Guru Republik Indonesia pada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membuka kesempatan bagi tiap anggota untuk saling berinteraksi, saling asih dan asuh demi terciptanya persatuan dan persaudaraan yang lebih akrab sesama insan pendidikan,” urai mantan guru SMAN 1 BA III ini.

Selanjutnya, dalam acara yang dihadiri 5000 guru ini, Umar Usman menyampaikan rasa terima kasih para guru atas perhatian Pemkab Banyuasin, khusunya Bupati Banyuasin, terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Banyuasin. Umar menyatakan perhatian yang diberikan kepada guru dianataranya berupa dana untuk TPJP (Tenaga Penyedia Jasa Pendidikan) melalui APBD yang senantiasa meningkat setiap tahunnya.

“Bupati juga telah memperjuangkan penyediaan tunjangan tambahan penghasilan non sertifikasi, dan tunjangan profesi guru, memperhatikan pembangunan fisik dengan pemenuhan sarana prasarana pendidikan, serta bentuk kepedulian lain berupa bantuan pendidikan, baik bagi siswa maupun guru,” tutup Umar Usman.

Sementara itu, Bupati Banyuasin yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin, Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Sc mengajak seluruh praktisi pendidikan yang hadir untuk menjadikan momentum bulan Syawal untuk lebih meningkatkan kinerja sebagai Aparatur Sipil Negara yang baik dan profesional.

“Marilah kita isi lembaran di bulan Syawal ini dengan meningkatkan berbagai macam amal kebaikan serta meningkatkan kinerja. Melalui Halalbhalalini, mari kita jadikan momentum Hari Raya Idul Fitri untuk mengejar ketertinggalan dan terus mengadakan perubahan ke arah yang lebih baik dan lebih maju. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan Hari esok harus lebih baik dari hari ini,” himbau Sekda Banyuasin.

Lebih lanjut Sekda mengajak seluruh elemen pendidikan untuk bahu-membahu bersama-sama membangun Kabupaten Banyuasin. Dengan banyaknya prestasi yang telah diraih diusia ke -14, Sekda mengharap untuk tidak berpuas diri.

“Kita tidak boleh terlena dengan prestasi-prestasi tersebut, justru harus bisa meningkatkan semangat untuk tetap berprestasi. Kita optimis dan yakin dengan kebersamaan yang baik sebagaimana telah kita tunjukkan selama ini, maka kita akan dapat menyelesaikan tugas-tugas kita sebagai aparat pemerintah daerah maupun sebagai pelayanan masyarakat di Kabupaten Banyuasin,” ujar Firmansyah.

Kegiatan baik ini juga digunakan untuk melakukan refleksi diri dengan mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Ustad Ahmad Al-Habsy. Suasana semakin terasa hangat karena Ustad asal Kota Palembang yang kini menetap di Kota Jakarta ini sering menggunakan guyonan dan bahasa daerah dalam ceramahnya.

Salah satu hal yang diungkapkannya bahwa profesi guru adalah profesi yang dekat dengan surga. Dijelaskannya, salah satu amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya adalah ilmu yang bermanfaat. Untuk itu beliau meminta seluruh guru agar tetap bersemangat menyampaikan kebaikkan untuk para pelajar.

Para guru ini menitikkan air mata haru di akhir kegiatan saat melakukan muhasabah yang dipimpin langsung oleh Ustad Ahmad AL Habsy.