Detak-Palembang.com PALEMBANG – Suasana asri dan tenang di kampung Assegaf Palembang membuat Walikota H. Harnojoyo dan Wakil Walikota Fitrianti Agustinda merasa nyaman berada di kampung yang terletak dipinggiran sungai Musi.

Kunjungan resmi Walikota dan Wakil Walikota dalam rangka silaturrahmi kekediaman tokoh Assegaf dan seluruh keluarga besar Assegaf yang sudah turun temurun tinggal di Kota Palembang.

“Ini silaturrahim biasa, ini bentuk perhatian Pemerintah terhadap Masyarakat termasuk ke keluarga besar Assegaf,” ujar Harnojoyo saat berada di Kampung Assegaf yang terletak di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Tangga Takat Seberang Ulu II Palembang, Kamis (27/4).

Sebelumnya, Walikota Harnojoyo didampingi Wakil Walikota Fitrianti Agustinda berkesempatan melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah di masjid Kampung Assegaf sekaligus meninjau bangunan bangunan tua yang berada di lokasi tersebut, tidak hanya itu Harno juga melihat proses pembuatan es balok yang diproduksi oleh pabrik es tertua dan terbesar di Sumatera Selatan yang berdiri sejak tahun 1929 lalu.

“Tadi sempat melihat bangunan sejarah yang berada disini (Kampung Assegaf) ini mesti dijaga kelestariannya, ini awal masuknya peradaban arab di Kota Palembang,” kata Harnojoyo.

Sementara itu Tokoh Assegaf Palembang Ali Bin Hasan mengatakan kunjungan Walikota dan Wakil Walikota merupakan kehormatan besar bagi keluarga besar Assegaf, pasalnya kedatangan orang nomor satu di Kota Palembang ini merupakan moment yang dinantikannya terlebih kampung tua tersebut menyimpan banyak cerita sejarah bagi Kota Palembang.

“Ini penghormatan besar bagi kami keluarga besar Assegaf,” ujar Ali Hasan.

Ditambahkannya, dalam program yang dicanangkan oleh Walikota Palembang untuk mengajak warganya subuh berjamaah, sangat besar manfaatnya, apalagi dilakukan secara konsisten dan berkeliling.

“Kami terkesan dengan subuh berjamaah Walikota, apalagi beliau keliling ke masjid-masjid untuk mengajak masyarakat, ini yang jarang dilakukan dan ini sangat baik, apalagi beliau pemimpin Kota ini,” ujar Ali Hasan keturunan kedelapan keluarga Assegaf.