Detak-Palembang.com ACEH BARAT – Plh. Danramil 09/Samatiga Letda Inf Azhari dan para babinsa bersama sama anggota pok tani Usaha Tani melaksanakan panen padi secara manual di Desa Cot Amun Kec. Samatiga, Sabtu (10/2).

Plh Danramil Letda Inf Azhari mengatakan pendampingan dalam panen padi itu merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab seorang Babinsa, yakni membantu masyarakat untuk mewujudkan program pemerintah agar wilayah Kabupaten Aceh Barat khususnya Kec samatiga menjadi contoh dalam swasembada pangan hal ini terbukti panen yg paling awal di wilayah Kab. Abar adalah Kec samatiga.

Plh. Danramil berharap dengan adanya pendampingan dari para babinsa diharapkan hasil panen semakin bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat.

Ketua pok tani Usaha Tani Sdr Agusri menjelaskan masyarakat sangat senang dengan adanya bantuan dari babinsa yg terjun langsung untuk mebantu petani memberikan penyuluhan dan membimbing para petani dari tahap membajak hingga panen tanpa mengharap imbalan, agar hasil yg didapat maksimal.

Dengan demikian petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan sekaligus warga tidak sampai kekurangan pangan, ungkap kapok tani Sdr. Agus.

Babinsa 03 Panen Padi Teupah Selatan Panen Padi

Sementara di Simeulue, Sertu Joko Atmaja Babinsa Labuhan Jaya Koramil 03/ Teupah Selatan Kodim 0115/Simeulue melaksanakan Hanpangan dengan membantu Petani Panen Padi di Blang Snebok dengan luas panen 12 Ha di Desa Labuhan Jaya Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue, Minggu (11/02).

Dalam Mensukseskan dan mendukung program pemerintah untuk meningkatkan swasembada pangan, Koramil 03/Teupah Selatan, selaku satuan Teritorial selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kontribusi serta pendampingan yang terbaik untuk membantu Petani di wilayahnya sehingga sasaran dan target yang diharapkan dapat dicapai sesuai dengan harapan.

Di sela-sela istirahat, Serda Joko Atmaja meminta agar para petani mampu bekerja sama yang baik dengan anggota Babinsa dan PPL demi kelancaran tugas yang telah diterima oleh masing-masing. Koordinasikan bila ada suatu kegiatan yang menjadi hambatan ataupun kendala dalam rangka pencapaian hasil yang maksimal khususnya Pajale dan TNI sudah di tugaskan menjadi pendampingan pertaniannya.

Bantu Petani Nyiangi Gulma

Di Blangpidie, kegiatan anggota Koramil 02/Kuala Batee Kodim 0110/Abdya membantu menyiangi gulma. Minimnya tenaga kerja di sektor pertanian saat ini menjadi salah satu masalah yang menghambat produktifitas pertanian. Karena dengan kurangnya tenaga kerja di sektor pertanian, secara tidak langsung mengakibatkan mahalnya upah kerja yang harus dibayar oleh petani terutama dalam masa perawatan.

Berangkat dari hal itu, Serda Hendri Winarto anggota Koramil 02/Kuala Batee Kodim 0110/Abdya dalam rutinitas tugasnya sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Lhok Geulumpang, dampingi dan bantu petaninya nyiangi gulma yang tumbuh di sekitar tanaman padi, Minggu (11/2).

Rumput liar (gulma) yang tumbuh di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi yang dapat mengakibatkan tanaman menjadi kurang subur, karena pertumbuhannya tersaingi dan tertutup oleh gulma itu sendiri. Hal ini diungkapkan oleh saudara Irsan (petani/52th) saat istirahatnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, “Biasanya dalam setiap penyiangan seperti ini, selalu dibantu ramai-ramai oleh saudara dan keluarga, dan kebetulan mereka pun tengah sibuk ada acara di kampung. Beruntung datang Pak Babinsa dan rela turun ke sawah untuk bantu cabutin rumput”.

Di tempat yang sama Serda Hendri Winarto mengungkapkan bahwa kegiatannya tersebut merupakan bagian dari Upsus dirinya dalam melaksanakan pendampingan petani di desa binaannya.