Detak-Palembang.com PANGKALAN BALAI — Pemkab Banyuasin bergerak cepat menanggapi kebakaran sebuah rumah warga di Kecamatan Rantau Bayur. Api menghanguskan rumah warga di Dusun I Desa Tanjung Tiga Kecamatan Rantau Bayur, Rabu pagi (14/03) pukul 08.35 WIB. Puluhan warga bergotong royong memadamkan api yang menghanguskan rumah. Bpk. Ujok Selon.

Camat Rantau Bayur Hasanul Hak melalui Kades Tanjung Tiga Sudianto membenarkn kejadian yang menimpa salah satu warganya. Beruntung api tidak menjalar ke rumah warga lainnya.

“Warga atas nama ujok selon, menghanguskan rumah dan perabot rumah tangga,” kata Sudianto.

Menanggapi kebakaran yang terjadi, Pemerintah Kabupaten Banyuasin melakukan tanggap darurat dengan memberikan bantuan berupa beras, sembako, pakaian sekolah dan kebutuhan lainnya.

“Kita akan koordinasikan secepatnya dengan Camat dan Kades, sementara kita akan memberikan bantuan tanggap darurat. Segera dikirimkan” ujar Plt. Kadinsos Hasmi, S.Sos., M.Si.

“Pemkab sesuai kemampuan menyerahkan bantuan untuk meringankan beban korban kebakaran. Mudah-mudah-mudahan apa yang sudah dibantu dapat bermanfaat,” lanjutnya.

Agar kejadian ini tidak berulang Hasmi menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan mengecek instalasi listrik rumah jika hendak ditinggal bepergian, mudik atau ditinggal keluar kota dalam jangka waktu lama.

“Waspada kebakaran bisa terjadi sewaktu-waktu. Warga hendaknya melaksanakan hal berikut; periksa jaringan listrik rumah untuk mencegah hubungan arus pendek,” pesan Hasmi.