Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Sabtu (10/11/2018) memimpin upacara  peringatan Hari Pahlawan Tahun. 2018 bertempat di lapangan Apel Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang.

Upacara  peringatan Hari Pahlawan, yang mengangkat tema, “Semangat Pahlawan Di Dadaku”, berlangsung dengan tertib dan khidmat, antara lain ditandai dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan Cipta dan pembacaan teks Pancasila oleh Kasdam II/Swj selaku Inspektur Upacara (Irup).

Dalam upacara tersebut, juga dilakukan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, pembacaan pesan-pesan perjuangan dari Pahlawan Nasional dan pembacaan do’a untuk para pahlawan dan juga untuk seluruh bangsa Indonesia oleh seorang Perwira Menengah (Pamen) dari Bintaldam II/Swj.

Ada 15 pesan perjuangan atau kata mutiara dari para Pahlawan Nasional yang dibacakan diantaranya, pesan Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman yaitu : “Tempat saya yang terbaik adalah di tengah-tengah anak buah. Saya akan meneruskan perjuangan. Met of zonder pemerintah TNI akan berjuang terus”. Berikutnya pesan Pahlawan Nasional Supriyadi :“ Kita yang berjuang jangan sekali-kali mengharapkan pangkat, kedudukan, ataupun gaji yang tinggi”, Pesan Pahlawan Nasional Soekarno : Berikan aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, mengatakan bahwa, seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

Disampaikan juga bahwa, peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus syarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia”, ungkapnya.

Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 juga dihadiri oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun, para Perwira Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kodam II/Swj, Perwira LO AL dan LO AU, para Dan/Kabalakdam II/Swj, serta segenap para Prajurit dan PNS Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang.