Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., memberikan Pembekalan kepada  500 Mahasiswa dan Mahasiswi se-Sumsel pada acara “Indonesia Creative Leadership Camp (ICLC) TA 2018”, Selasa (23/10/2018) bertempat di Gedung Graha Pendidikan Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Adapun pembekalan yang disampaikan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., kepada ratusan mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai Perguruan Tinggi se-Sumsel kali ini mengangkat tema tentang, “Menciptakan Pemimpin Muda Yang Inovatif dan Inspiratif”.

Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., menjelaskan bahwa, yang membedakan antara Pemimpin dan Bukan Pemimpin adalah bukan karena jenjang pendidikan, banyaknya uang, asal mereka, usia mereka, jenis kelamin atau pekerjaan mereka, namun karena kepedulian mereka terhadap orang lain, semangat memperbaiki dan keinginan merubah keadaan yang lebih baik.

Menurut Kasdam, Kepemimpinan adalah ilmu dan seni untuk menggerakkan orang atau organisasi sesuai kehendaknya.

Pada kesempatan tersebut, Kasdam juga menjelaskan tentang beberapa macam Gaya Kepemimpinan, antara lain; Pertama, Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian, adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Kedua, Gaya Kepemimpinan Demokratis / Demokratic, adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. dan, Ketiga, Gaya Kepemimpinan Bebas/ Laissez Faire, adalah gaya pemimpin hanya terlibat dalam kuantitas yang kecil di mana para bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah.

Kasdam juga menuturkan, yang sangat penting harus dimiliki Pemimpin menurut Kasdam adalah Comandership,, dimana seorang Komandan mampu membawa satuannya melaksanakan tugas pokok dan memberikan kesejahteraan bagi prajuritnya.

Kemudian, Management, dimana seorang Komandan mampu membawa organisasinya mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Dan yang terakhir, Leadership, dimana seorang Komandan memimpin satuan atau anak buahnya dengan hati.

“Dari ketiga sifat kepemimpinan tersebut, Comandership dan Managemen rata-rata sudah banyak dimiliki oleh para pemimpin, sementara sifat kepemimpinan Leadership, masih jarang dan belum dimiliki oleh seorang pemimpin”, tuturnya.

Selain Kasdam, hadir dalam acara tersebut sekaligus bertindak sebagai Narasumber adalah Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan Rektor UNSRI Palembang, diwakili Pembantu Rektor III UNSRI, Ir. H. Irawan Rusnadi, M.P.