Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar Kodam II/Swj, Jum’at (1/6/2018) bertempat di Lapangan Apel Makodam II/Swj Jalan. Jenderal Sudirman Km. 2,5 Palembang.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan Teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan menyanyikan lagu Garuda Pancasila oleh seluruh peserta upacara.

Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., mengatakan bahwa, Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan bathin para Founding Fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Presiden Jokowi juga mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila disetiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. “Marilah kita terus amalkan warisan mulia para Founding Fathers ini untuk kemajuan bangsa dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia”, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan Ustadz, para politisi dan jajaran aparat pemerintah, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian. “Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam menbawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya”, ungkapnya.

“Selamat Hari Lahir Pancasila !, Kita bersatu…!, Kita berbagi…!, Kita berprestasi…!”, tandas Jokowi.

Selain diikuti segenap Prajurit dan PNS jajaran Kodam II/Swj wilayah Garnizun Palembang, upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila ini diikuti juga oleh seluruh pejabat Kodam II/Swj antara lain, para Perwira Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kodam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU serta para Dan/Kabalakdam se-Garnizun Palembang.

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila seluruh instansi baik TNI / Polri dan Instansi pemerintah lainnya wajib menggelar upacara bendera terlebih dahulu pada pagi harinya.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang mana telah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai Hari Libur Nasional, yang ditandatangani langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.