Detak-Palembang.com OKU SELATAN – Setelah beberapa hari yang lalu bencana tanah longsor menimpa Desa Penanggungan Kecamatan Runjung Agung, hujan deras dengan intensitas tinggi diduga juga menjadi penyebab bencana tanah longsor dan banjir di dua desa yakni Desa Cukohnau dan Desa Pulau Kemuning Kecamatan Sungai Are Kabupaten OKU Selatan, Kamis (09/11) sore.

Informasi yang berhasil di himpun, dalam bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Cukohnau tersebut telah menelan korban satu orang meninggal dunia dan dua orang mengalami luka-luka.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten OKU Selatan H. Doni Agusta, SKM membenarkan terjadinya musibah yang menimpa dua desa tersebut, dan pihaknya sudah menrjunkan tim ke lokasi yang jaraknya lebih dari 40 km dari kota Muaradua.

“Ada korban meninggal satu orang atas nama Khatam bin Agusman karena bencana longsor yang menimpa rumahnya, sedangkan istrinya Ny.Satam mengalami luka ringan, adapun menantunya Zulkardi menderita luka berat” papar Doni kapada awak media, Kamis malam melalui pesan elektronik.

Namun untungnya lanjut Doni mengutip informasi dari camat dan kades setempat, anggota keluarga yang lain yang terdiri dari istri Zulkardi dan tiga orang anaknya dikabarkan selamat, karena pada saat kejadian sedang berada di ruangan bagian depan.

Menyikapi kejadian musibah yang beruntun ini pihaknya menyatakan bahwa Kabupaten OKU Selatan saat ini sebagai daerah darurat banjir dan tanah longsor, dan berstatus siaga.

Sementara itu Camat Sungai Are Alkahfi Najmi kepada wartawan melalui sambungan telepon mengungkapkan, selain bencana tanah longsor yang melanda wilayahnya, juga ada bencana banjir di Desa Pulau Kemuning.

“Tidak ada korbam jiwa dalam kejadian banjir tersebut. Akan tetapi jembatan gantung yang baru saja selesai dibangun melalui Dana Desa (DD) ikut terhanyut” ujar Najmi prihatin.

Kejadian bencana tanah longsor dan banjir tersebut juga telah meramaikan linimasa media sosial facebook di Kabupaten OKU Selatan, dan foto-foto disertai caption sudah menjadi viral, sehingga informasi semakin terang.