Detak-Palembang.com PALEMBANG – Tim Jumputan International Expedition 2017 berangkat menuju Vietnam. Tim yang tergabung dalam Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsri Pencinta Alam (Mafesripala) ini akan melaksanakan ekspedisi selama 6 hari di negara paling utara Asia Tenggara ini.

Keberangkatan tim dilepas oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Palembang Ahmad Zazuli, didampingi Kabag Humas Kota Palembang, dan sejumlah pimpinan OPD Palembang lainnya, Senin (6/11), di rumah dinas Walikota Palembang.

Ketua Mafesripala Rahmat Dwi Kurniawan, Jumputan International Expedition 2017 merupakan upaya kami dalam memperkenalkan jumputan yang merupakan kain khas Palembang selain songket. Ekspedisi yang dikenal dengan ekspedisi putri ini diikuti tiga mahasiswa yaitu Vira Destri Tami, Eka Sundari, Dia Tamalana.

Menurutnya, ekspedisi di Vietnam ini merupakan upaya Mafesripala dalam memperbaiki citra mahasiswa pencinta alam yang kerap dikonotasikan negatif. “Ini ajang pemanasan bagi kami sebelum melanjutkan program rutin ekspedisi seven summit yang sebelumnya mendaki Puncak Jayawijaya,” ujarnya.

Pembina Mafesripala, Welly Nailis mengatakan, mahasiswa yang diberangkatkan merupakan hasil seleksi dari 20 atlet Mafesripala. Mereka yang diberangkatkan telah dilatih dan dibekali teknik untuk melaksanakan ekspedisi ini.

“Selain fisik, juga dilakukan penempaan mental, serta keterampilan dalam pelaksanaan ekspedisi ini,” ujarnya.

Kadispora Palembang Ahmad Zazuli mengatakan, ekspedisi yang dilakukan Mafesripala adalah hal yang baik. Menurutnya, mapala kerap dikonotasikan negatif di masyarakat karena dalam kegiatan terkadang merusak alam.

“Pencinta alam itu harusnya benar-benar mencintai alam, seperti yang diinisiasi Walikota Palembang dengan melakukan gotong-royong membersihkan lingkungan. Bila tidak dengan tenaga kita dapat berkontribusi mencintai alam melalui ide dan konsep positif lainnya,” ujarnya.

Dirinya berharap, keberangkatan tim ekspedisi ke Vietnam dapat memperkenalkan citra positif Kota Palembang. Selain itu juga menjadi duta promosi Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

“Semakin banyak yang kenal Palembang, maka harapannya akan semakin banyak pula yang berkunjung ke Palembang,” pungkasnya.