Detak-Palembang.com SEKAYU – Pada minggu ketiga bulan Juli 2018 mendatang Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin akan menggelar Kejuaraan Nasional yang mempertandingkan cabang olah raga renang, tenis meja, tenis lapangan, serta bola volly indoor putri, antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP/PPLPD), Sekolah Khusus Olahraga (SKO) dan juga diikuti beberapa negara Asean.

Untuk mempersiapkan event tersebut agar berjalan dengan baik dan sukses, Pemkab Muba melaksanakan rapat persiapan yang dipimpin Wakil Bupati Muba Beni Hernedi dan diikuti Asisten Deputi Kementrian Olahraga RI Tuguh Raharjo, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Periwisata Muba Suwandi, juga Perangkat Daerah Muba terkait.

Beni mengatakan Pemkab Muba berkomitmen dalam menyelenggaraan event tersebut, untuk itu diperlukan persiapan yang matang, terkhusus dari sisi sarana prasarana dan venue cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

“Banyak yang harus kita persiapkan, oleh karena itu kita harus bekerja sama-sama untuk memastikan event ini terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Wabup juga menginginkan kedepan dari bidang olahraga ini menjadi daya tarik wisata baik dari dalam negeri hingga mancanegara untuk berkunjung ke Bumi Serasan Sekate.

“Event ini juga merupakan momentum yang tepat untuk kita menyambut Asean Games Agustus 2018 nanti,” tambah Beni.

Asisten Deputi Kemenpora Teguh Raharjo menuturkan penyelenggaraan Kejurnas ini adalah bentuk implementasi dari keinginan Bupati Muba dan Menteri Olahraga RI, dimana Bupati Muba Dodi Reza Alex menyampaikan bahwa Muba terbuka untuk jadi tuan rumah dalam event olahraga.

“Kita lihat di Muba cukup potensial, hampir semua cabor ada, pak bupatinya juga komitmen,” tutur Teguh.

Lanjutnya untuk mengangkat nama sebuah daerah ketingkat nasional dan internasional salah satunya dari bidang olahraga

“Oleh karena itu kami dari Kemenpora menyambut baik kegiatan ini, tidak haya event nasional, internasional pun aka kita lakukan sesuai kemampuan yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dispopar Muba Suwadi mengatakan kejurnas tersebut dibagi dua, kejurnas pertama yakni dari cabor renang, tenis meja dan lapangan, dan kejurnas kedua yakni bola volly indoor putri.

“Penyelenggaraan kejuras ini juga bertujuan untuk mengukur pelatihan-pelatihan yang selama ini kita lakukan,” ungkapnya.