Detak-Palembang.com JAKARTA – Presiden Joko Widodo melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang baru pada Kamis (01/03). Diketahui, Kepala BNN saat ini, yaitu Komjen (Pol) Budi Waseso memasuki masa pensiun. Hal ini ditegaskan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

“Betul, besok Presiden melantik Kepala BNN,” ujarnya, Rabu (28/2).

Berdasarkan undangan yang disebarkan Kementerian Sekretariat Negara, Rabu malam, upacara pelantikan itu bakal dilaksanakan di Istana Negara Jakarta pukul 09.00 WIB.

Mengenai sosok pengganti Buwas, sapaan populer Budi Waseso, Bey mengaku tak bersedia berkomentar.

“Untuk siapa yang dilantik, lihat besok saja,” ujar dia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Jokowi menunjuk Irjen (Pol) Heru Winarko sebagai Kepala BNN.

Saat ini, Heru masih menjabat Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nama Heru otomatis menyingkirkan dua nama perwira tinggi Polri lainnya yang digadang-gadang menjadi pengganti Buwas, yakni Kepala Bareskrim Komjen (Pol) Ari Dono dan Deputi Pemberantasan BNN Irjen (Pol) Arman Depari. Namun, saat dikonfirmasi Kompas.com, Heru Winarko tidak bersedia memberikan komentar.

Jokowi Lantik Kepala BNN

Presiden Joko Widodo, Kamis (1/3) pagi, melantik Irjen (Pol) Heru Winarko menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Pelantikan Heru yang dilaksanakan di  Istana Negara Jakarta, diawali dengan pembacaan surat Keputusan Presiden mengenai pengangkatan Heru.

“Keputusan Presiden RI Nomor 14 Tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan kepala BNN,” ujar Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Setiawan.

“Mengangkat Irjen (Pol) Heru Winarko SH sebagai kepala BNN terhitung sejak saat pelantikan dan kepadanya diberikan tunjangan jabatan setara eselon 1A sesuai peraturan perundangan,” lanjut dia.

Heru pun menggantikan Kepala BNN sebelumnya Komjen (Pol) Budi Waseso yang telah memasuki masa pensiun. Setelah itu, acara pelantikan dilanjutkan dengan pengucapan sumpah yang dibimbing langsung oleh Presiden Jokowi kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara upacara pelantikan. Acara pelantikan itu ditutup dengan pemberian selamat oleh Presiden Jokowi beserta tamu dan undangan yang hadir.

Hadir dalam upacara pelantikan itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Bisar Panjaitan, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. Pimpinan DPR RI, DPD RI dan MPR RI juga tampak hadir dalam acara itu.