Detak-Palembang.com JAKARTA – Kelompok terbang (Kloter) pertama jemaah haji asal Palembang diterbangkan dari Arab Saudi ke tanah air pada Senin (27/8) pukul 08.15 waktu Arab Saudi oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Bandara menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan Jemaah Daker Bandara, Muhammad Syarief.

Sebanyak 450 jemaah haji Palembang akan tergabung dalam kloter pertama tersebut.

“Mereka akan dijemput bus di hotel pada Sektor 10 yang berlokasi di wilayah Misfalah,” ujar Syarief, seperti dilansir dari laman www.kemenag.go.id, Senin (27/8/2018).

Dia mengatakan, sebanyak sepuluh bus akan digerakkan untuk mengangkut jemaah asal Palembang tersebut pada pukul 00.15 waktu setempat. “Pendorongan ke Bandara King Abdul Aziz tersebut dilakukan selepas petugas kargo memeriksa dan menimbang bawaan bagasi para jemaah,” ucapnya.

Di Bandara Jeddah, lanjut Syarief, jemaah haji diperiksa kelengkapan dokumen keimigrasiaannya dan kembali diperiksa bawaan koper jinjing mereka.

“Setelah itu, jemaah diminta menunggu hingga waktu pemberangkatan pada pukul 08.15 menggunakan maskapai Saudia dengan nomor penerbangan SV5120,” papar Syarief.

Setelah penerbangan perdana gelombang pertama itu, lanjut dia, akan menyusul penerbangan kloter 1 dari Surabaya pada pukul 09.45 waktu setempat yang membawa 450 jemaah haji.

“Selepas itu, menyusul penerbangan kloter 1 Jakarta-Bekasi pada 10.05 dan Kloter 1 Padang pada pukul 11.20 WAS. Hari perdana kepulangan gelombang pertama kemudian ditutup kloter 13 Solo yang terbang dari Bandara Jeddah pukul 22.05,” terang Syarief.