Detak-Palembang.com PALEMBANG – Seluruh kawasan komplek olahraga berstandar Internasional Jakabaring Sport City (JSC) akan menjadi kawasan yang terang benderang pada pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang. Bahkan beberapa venue olahraga Jakabaring akan diperindah dengan permainan Lighting dari Philips.

Hal ini terungkap setelah Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyusun kerjasama dengan PT. Philips Indonesia sebagai solusi pencahayaan arena olahraga Jakabaring dengan inovasi teknologi terbaru lampu LED.

“Philips sudah menawarkan berbagai konsep pencahayaan arena olahraga yang sudah mereka kerjakan baik di dalam maupun luar negeri. Sebenarnya, kita memang sudah kerjasama dengan Philips sejak SEA Games lalu,” Ungkap Gubernur Alex Noerdin saat menerima audiensi PT. Philips Indonesia dalam rangka paparan solusi pencahayaan arena olahraga dengan inovasi teknologi terbaru, di Griya Agung Palembang, Senin (11/12).

Menurut Alex, bukan hanya stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring yang akan diterangi dengan lighting yang cantik tetapi beberapa venue lainnya juga seperti Convention Hall untuk Tennis, Aquatik dan lainnya.

Lanjutnya, energi terbarukan yang digunakan yakni pencahayaan yang menggunakan LED yang memiliki kemampuan menerangi dengan penggunaan energi yang lebih hemat.

“Seperti stadion di Balik Papan Kalimantan, pencahaayaan yang kombinasikan dengan sound dan musik,” ujar Alex.

Rombongan PT. Philips Indonesia yang hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya, Head of Profesional Chanel, Wibawa Jati Kesuma, Head of Public Segment, M. Putra Amezlatu, B2B Marketing Manager Muhammad Fariq, Director Terang Abadi Sriwijaya, Kristoforus YAP, dan Operational Manager Terang Abadi Sriwijaya, Jumedi, Head of Profesional Chanel, Wibawa Jati Kesuma mengatakan, pihaknya menawarkan berbagai konsep lighting yang berbeda dengan mengutamakan kenyamanan penonton dan konsep venue yang tidak monoton.

“Kita memaparkan berbagai konsep pencahayaan arena olahraga yang telah dilakukan oleh Philips ,untuk bagai mana konsep di stadion Jakabaring ini nanti akan kita bahas lagi bersama, seperti di Indonesia Gelora Bung Karno Jakarta dan Stadion di Balik Papan Kalimantan, kalau di luar negeri seperti stadion atletico di Madrid dan beberapa stadion di Eropa lainnya,” terangnya.

Sementara, Direktur PT. Jakabaring Sport City, Esti Arianti mengatakan, kebutuhan JSC untuk mengganti penerangan di venue menjadi teknologi LED Line kita harapkan dapat segera dapat diselesaikan, selain mengurangi biaya pengelolaan, Jakabaring ini sangat gelap saat malam hari padahal Jakabaring ini green sport city dengan berbagai kelengkapannya. “Jadi, kalau belum terang benderang saat malam belum green sport city,” tegasnya.