HERU

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sangat pentingnya sarana kondisi jalan yang baik untuk arus mudik lebaran Idhul Fitri 1437 H, maka perbaikan jalan yang rusak sudah diperbaiki sejak beberapa waktu yang lalu. Jalan yang menjadi lintas arus mudik adalah Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera Selatan (Sumsel).

Jalintim Sumsel, sudah siap dilalui oleh para pemudik sebab kerusakan yang selama ini sudah diperbaiki hingga H-7 secara umum telah selesai diperbaiki, hal itu dikatakan oleh Kepala Satuan Kerja Wilayah I, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional, Heru Setiawan, Selasa (28/06).

“Ruas jalan lintas timur dari Palembang menuju Desa Meranjat Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan hingga perbatasan provinsi Lampung jalur tersebut sudah diperbaiki,” jelasnya.

Lanjut Heru, memang di jalur itu ada beberapa titik kerusakan termasuk lobang di jalan sekarang sudah diperbaiki target pengerjaan harus rampung sebelum lebaran.

“Selain jalan menuju Lampung, kita juga sudah memperbaiki jalan Palembang menuju Jambi melalui lintas timur. Kita pastikan jalan sudah aman untuk dilalui kendaraan yang akan mudik dan balik pada saat lebaran nanti,” katanya.

Ditambahkan Heru, secara umum perbaikan jalan negara terutama jalur lintas timur tahap pengerjaannya sudah mencapai 87 persen karena ada beberapa titik masih dalam perbaikan. Diutamakan jalan yang akan dilalui pemudik lebaran dulu supaya tidak mengganggu.

“Seluruh jalan di Sumsel harus rampung diperbaiki sebelum lebaran. Kita himbau
para pemudik perlu mewaspadai daerah rawan longsor dan kemacetan terutama di daerah pasar tumpah,” himbaunya.

Sebagai antisipasi permasalahan pihaknya telah menyiagakan alat berat. Bila terjadi hal yang tidak dinginkan dengan cepat dapat diantisipasi.

“Kita juga menyediakan tujuh posko untuk antisipasi kemacetan dari perbatasan Jambi hingga perbatasan Lampung yang kesemuanya dilengkapi alat berat dan petugas untuk kelancaran arus mudik dan balik lebaran,” tutupnya.