Detak-Palembang.com PALEMBANG – Guna memastikan kesiapan Palembang sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018 mendatang, Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja ke Palembang, Kamis (7/12). Sedikitnya delapan venue ditinjau langsung oleh orang nomor dua di Indonesia tersebut.

JK didampingi Menteri PUPR RI Mochamad Basuki Hadimuljono Tiba di Bandara SMB II Palembang sekitar pukul 12.30 WIB JK dan disambut langsung oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin bersama FKPD Provinsi Sumsel.

Istirahat sejenak di Ruang VIP SMB II, JK bersama Gubernur Alex Noerdin langsung melanjutkan perjalanan untuk meninjau Venue-venue di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.  JK bersama rombongan menggunakan sus melalui ruas jalan yang sedang dibangun jalur Light Rail Transit (LRT).

Didampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta pejabat lainnya, Wapres meninjau beberapa venue olahraga Jakabaring mulai dari venue Bowling Center, Shooting Range, Beach Volley, Rowing Center, Sepak Takraw, Stadion Utama, hingga meninjau pembangunan Rusunami yang nantinya akan digunakan sebagai Wisma Atlet, memiliki tiga tower dan rencananya akan selesai pada Juni 2018.

Sementara itu, saat berada di venue Bowling, Wapres dengan tersenyum mengekspresikan diri dan mencoba mengayunkan bola bowling di halaman fasilitas pesta olahraga internasional tersebut yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

Seperti diketahui saat ini progres pembangunan Venue Shooting Range sudah mencapai 96,67 persen dan ditargetkan rampung pada akhir Desember 2017. Rencananya, ada 18 nomor pertandingan yang akan dipertandingkan untuk cabang olah raga menembak.

Pada kesempatan itu, Wapres Jusuf Kalla juga meninjau persiapan kejuaraan Asian Rowing Cup yang akan digelar pada 8-10 Desember 2017. Sebelumnya telah diselenggarakan Kejurnas Dayung Canoeing pada 28 November sampai 1 Desember 2017 di Jakabaring Sport City. Kedua kejuaraan ini merupakan bagian dari persiapan para atlet untuk menghadapi Asian Games 2018.

“Saya sudah kunjungi hampir semua venue dan fasilitas lainnya, sebagian selesai Desember dan ada juga yang Januari. Kita optimis semua ini selesai tepat waktu dengan catatan pemelihaaraan beberapa bulan seperti  venue yang baru seperti Soft Tennis. Saya kunjungi juga Rusunami untuk menampung 3000 atlet sedang dikerjakan, Maret sudah selesai,” ungkap Wapres saat meninjau Gelora Sriwijaya Palembang.

Di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Wapres bahkan tak sungkan turun langsung ke lapangan mengecek rumput di lapangan bola yang masih dalam proses penumbuhan.

Di tempat yang sama, Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat mendampingi Wapres dalam peninjauan tersebut tampak semangat menerangkan perkembangan pembangunan fasilitas olahraga yang sedang dibangun.

Menurut Alex, rata-rata venue tersebut akan selesai dibangun pada Desember 2017. Venue Bowling Center rencananya selesai dibangun pada 18 Desember 2017 dan sudah bisa digunakan pada Januari 2018 mendatang untuk test event atau uji coba.