Detak-Palembang.com INDERALAYA – Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) penanggulangan Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) Provinsi Sumatera Selatan yang juga menjabat Komandan Korem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. memimpin Apel kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan Karhutbunla tahun 2018 bertempat di lapangan bola Desa Palam Raya KM. 28 Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir Sumsel, Rabu (16/5).

Kegiatan Apel ini diikiti oleh 1.500 personel dari TNI, Polri, dan instansi pemerintah terkait serta masyarakat peduli api maupun relawan Destana, dan juga dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya dan Lingkungan Hidup Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Bapak Soewarso yang didampingi oleh Dansatgas Kolonel Inf Iman Budiman, S.E., Bupati Ogan Ilir, Kepala BPBD Prov. Sumsel dan Kepala BNPB Prov. Sumsel.

Danrem 044/Gapo yang juga Dansatgas Karhutbunla Provinsi Sumsel Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. dalam sambutannya mengatakan, apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan personel dan kesiapan sarana prasarana yang ada  serta sebagai upaya untuk pencegahan dini dalam mengantisipasi terjadinya Karhutbunla tahun 2018 di wilayah Sumsel. “Ini untuk mempermudah koordinasi antar instansi dan lembaga hingga bencana asap akibat kebakaran hutan, kebun dan lahan di Sumsel dapat tertangani dengan baik,” katanya.

Dansatgas juga mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama sama bersatu bersinergis dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang ada mulai dari tingkat Desa dan Kecamatan. Melalui Danramil, Kapolsek, Lurah, Kades, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat agar dapat melakukan patroli secara rutin ke daerah-daerah yang rawan.

“Perlunya penyampaian informasi yang cepat dalam menanggapi kebakaran hutan, kebun dan lahan sekecil apapun, guna mencegah kebakaran semakin besar,” tuturnya.

Selain itu, Kolonel Budiman menyebutkan, bahwa pada tahun ini Palembang akan menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Asian Games 2018, dan Presiden RI Joko Widodo memerintahkan agar selama berlangsungnya perhelatan pesta olahraga se-Asia tersebut tidak muncul gangguan asap akibat Karhutbunla.

“Melalui Instruksi Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin, agar Sumsel pada 2018 Zero asap akibat Karhutbunla, untuk itu mari kita sama-sama bersatu padu dalam menghadapi ancaman bencana asap yang ditimbulkan Karhutbunla,” tegas Dansatgas.

Diakhir sambutannya, Kolonel Budiman menekankan agar penegakan hukum terhadap perusahaan dan perorangan yang telah diduga melakukan pembakaran hutan, kebun dan lahan secara sengaja dengan sanksi yang tegas serta berat yang dapat memberikan efek jera. “Mari kita sukseskan perhelatan Asian Games XVIII 2018 dengan menciptakan Sumsel Zero Asap,” pungkas Kolonel Inf Iman Budiman.

Usai melaksanakan apel kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan Karhutbunla tahun 2018, para tamu undangan dan seluruh peserta apel meninjau perlengkapan dan menyaksikan peragaan penanggulangan kebakaran oleh personel gabungan Satgas Karhutbunla Provinsi Sumsel.