Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., didampingi Ketua Persit KCK PD II Sriwijaya Ny. Rina Irwan bersama beberapa pejabat teras Kodam II/Swj, Rabu (17/10/2018) melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Markas Koramil 404-01/Gelumbang dan Mapolsek Gelumbang. Muara Enim, Sumsel.

Dalam kunjungannya tersebut, Pangdam II/Swj beserta rombongan disambut dengan antusias oleh Danramil dan Kapolsek beserta personel Koramil dan Polsek Gelumbang.

Pangdam II/Swj pada kesempatan tersebut berpesan tetap terus menjaga kekompakan dalam segala kegiatan untuk membantu masyarakat.

Lebih lanjut, Pangdam dalam bincang-bincangnya dengan anggota Koramil dan Polsek Gelumbang mengatakan sangat bangga atas kekompakan atau sinergitas yang terus terjalin, untuk itu Pangdam pun mengharapkan agar tetap dipertahankan.

“Soliditas dan Sinergitas TNI-Polri adalah Harga Mati. Oleh karena itu, Soliditas dan Sinergitas ini harus selalu kita jaga dan kita pertahankan, bahkan kita tingkatkan dimasa mendatang”, tegas Pangdam.

Kunjungan Pangdam II/Swj dan rombongan ditandai dengan pemberikan Tali Asih berupa bingkisan dari Pangdam II/Swj kepada Polsek Gelumbang, dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Sebelumya pada pukul. 10.00 Wib pagi tadi, Pangdam II/Swj dan rombongan telah melakukan kunjungan ke Markas Yonzipur 2/SG Prabumulih dan Yonkav 5/DPC, Karang Endah.

Dalam kunjungan kedua Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) tersebut, Pangdam II/Swj menghimbau sekaligus memerintahkan seluruh Prajurit TNI jajaran Kodam II/Swj, agar selalu berbuat yang terbaik untuk satuan dimanapun bertugas dan berada serta menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat, Polri dan  aparat-aparat terkait lainnya.

“Buat masyarakat percaya dengan keberadaan satuan. Jangan arogan dan membuat pelanggaran dengan melakukan perbuatan negatif yang dapat mencederai nama baik Kodam II/Swj. Jaga kehormatan dan nama baik diri sendiri, keluarga dan satuan dimanapun bertugas dan berada”, ungkap Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menekankan kepada seluruh prajurit, untuk tidak mengkonsumsi atau terlibat Narkoba. “Saya minta seluruh prajurit  untuk menjunjung tinggi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Selain itu hindari narkoba. Jika terbukti ada yang terlibat, sanksi tegas berupa pemecatan,” tegasnya.

Tahapan pemilihan umum presiden dan wakil presiden saat ini tengah memasuki tahapan kampanye. Terkait hal itu, Pangdam mengingatkan para Prajurit dan anggota Persit harus Netral dan tidak mencoba-coba untuk terlibat dalam politik praktis.

“Prajurit harus cerdas, hati-hati menggunakan media sosial dalam memberikan komentar yang berkaitan dengan Pilpres karena bisa merusak citra TNI di mata masyarakat. Netralitas TNI harus dijunjung tinggi karena menjadi pertaruhan bagi TNI”, tegas Pangdam.

Lebih lanjut Jenderal Bintang Dua ini juga menghimbau supaya seluruh Prajurit dan ibu-ibu Persit harus cerdas memilih dan memilah berita yang positif serta mewaspadai berita-berita yang ada diakun media sosial yang belum pasti kebenarannya alias berita bohong (hoax).