Detak-Palembang.com TANGERANG – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menjadi pembicara pada acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu (14/10/2017). Alex diundang khusus oleh kementerian perdagangan untuk memperkenalkan potensi yang ada di Sumatera Selatan dalam ajang TEI ke 32.

Awal persentasinya di hadapan pengunjung TEI Alex meyakinkan bahwa Sumsel adalah provinsi yang paling maju di Indonesia pada saat ini.

“Sumsel punya banyak potensi, kita lihat sumber daya alamnya, separuh batu bara Indonesia yaitu 48,35% ada di Sumsel, gas alam menerangi Singapura, dikirim ke Jawa dan Bali,” ujarnya dengan bangga.

Demikian halnya Minyak di Sumsel jelasnya sudah ada sejak jaman Belanda, bahkan coalbed methane terbesar cadàngannya di Indonesia jadi sumber daya alam yang luar biasa.

Alex juga memaparkan tentang sumber daya pertanian Sumatera Selatan yang tiap tahun surplus beras sebanyak 2, 5 jt ton, “Presiden Jokowi kemarin berkunjung ke palembang, dan presiden memutuskan agar potensi 500 ribu hektare lahan lebak akan dijadikan sawah dengan dua kali tanam karena lahan lebak airnya banyak,” ungkap gubernur.

Kedepannya Indonesia kata pelopor sekolah gratis itu tidak perlu lagi impor beras, tapi cukup dari Sumsel.

Meskipun Sumsel kaya akan sumber daya alam, namun Alex juga mengakui Sumsel masih memiliki beberapa kebutuhan yang belum terpenuhi sehingga belum jadi provinsi nomor satu di Indonesia. Menurut pendapatnya hal itu tak lain karena masih kekurangan infrastruktur. Sementara untuk membangun infrastruktur di daerah tidak mungkin menggunakan dana APBD sendiri, melainkan harus ada investasi masukk ke Sumsel.

“kalau orang mau berinvestasi harus kenal dengan Sumsel, oleh karena itu kami harus promosikan Sumsel dan kami memilih melalui cabang olahraga , sampai saat ini sudah ada 38 event olahraga bertaraf Internasional telah bertanding di Sumsel,” promosinya.

Di akhir persentasinya Alex mengajak para pengusaha untuk mau terlibat berinvestasi di Sumsel. “Saat ini kami sedang membangun Special Economic Zone TAA yaitu pusat industri skala besar dengan orientasi ekspor, saya menjamin keamanan berinvestasi di Sumsel, karena di sana zero conflict tidak pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan umat beragama, buruh-buruhnya pun baik, demo ada tapi tidak akan anarkis,” ujarnya di akhir sesi talk show.

Dalam talk show ini Alex juga di dampingi oleh PMU TAA Ir. Regina, Direktur BUMD TAA Surya, Dirut BUMD PT. Jakabaring Sport City Esti Adnan dan hadir juga dalam acara tersebut Dirjen Perdagangan, Ir. Arlinda MA.