Detak-Palembang.com PALEMBANG – SAIK merupakan kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik tahun 2017 dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo).

Dikatakan Dedet Surya Nandika, Direktur Kemitraan Komunikasi Kemkominfo bahwa dengan kegiatan SAIK diharapkan pemerintah pusat, Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota dapat bersinergi dengan masyarakat.

“SAIK bekerjasama dengan pemprov secara berkelanjutan diseluruh provinsi, tahun ini Sumsel menjadi tuan rumah, tahun sebelumnya yang menjadi tuan rumah adalah Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 21-24 November 2017,” jelas Dedet di Hotel Novotel, Selasa (21/11) .

Lanjutnya, tujuan diselenggarakannya SAIK untuk mewujudkan tata informasi nasional, meningkatkan integrasi dan koordinasi Kemkominfo, mendorong pembangunan/pengembangan komunikasi dan informasi, mengevaluasi pembangunan komunikasi dan informasi.

“Dalam SAIK akan ada 5 kegiatan yakni forum bakohumas, forum kelompok informasi masyarakat (KIM), festival kelompok pertunjukan masyarakat tingkat nasional, temu blogger, pameran,” urainya.

Pada kesempatan yang sama Asisten Deputi Humas Setneg, Masrokhan menyampaikan,  kegiatan ini strategis karena pertemuan seluruh humas baik pemerintah BUMN.

“Humas pemerintah mengemban tugas penting untuk menyampaikan hasil pembangunan sampai ketingkatan terbawah,” kata Masrokhan.

Pada kegiatan SAIK dirinya akan memindahkan berandanya istana dan apa saja protokoler kepresidenan ke Palembang dalam pameran yang akan diadakan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatera Selatan (Prov Sumsel), Farhat Syukri mengatakan, sebagai tuan rumah akan memberikan pelayanan seoptimal mungkin.

“Kita akan memfasilitasi apa yang dibutuhkan panitia pusat. Kita juga akan menjadi tuan rumah yang baik bagi seluruh kontingan dari 33 provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia,” ungkapnya singkat.