Detak-Palembang.com PALEMBANG – Juli mendatang Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan bangun 100 alat City Beacon dari dana investor Belanda. 

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, sebagai salah satu upaya memaksimalkan program smart city, pihaknya berencana membangun 100 unit City Beacon.

“nantinya semua akan terintegrasi dalam satu tempat yang canggih, dan dengan adanya teknolgi canggih seperti ini maka diharapkan dalam ikut mensukseskan event Asian Games mendatang,” ujarnya seusai paparan City Beacon terkait Smart City di rumah dinas Walikota Palembang, Selasa (6/1).

Dijelaskannya, dengan adanya alat city beacon ini maka dapat memantaunsemua aktivitas maupun kejadian yang ada di penjuru Kota Palembang. “Alat ini tentunya bisa membuat Kota Palembang menjadi lebih maju lagi. Bahkan mampu mendeteksi anak hilang,” jelasnya.

Sementara itu, CEO City Beacon Althur Van de full menambahkan, pihaknya memilih Kota Palembang ini lantaran situasi Kota Palembang yang dinilai sudah cukup baik maka dari itu pihaknya meminjamkan alat city beacon ini. “nantinya alat ini bisa digunakan untuk kebutuhan palembang,” katanya.

Nantinya, akan ada sebanyak 100 unit alat yang berbentuk tower yang nantinya di pasang di beberapa titik di tengah Kota Palembang. Bahkan dalam tiap towernya akan ada 30 sensor serta mencegah terlalu banyaknya alat yang dipasang di Kota Palembang.

“Pembangunan ini nantinya akan dilakukan sebelum bulan Agustus dan ditargetkan selesai pada enam bulan kedepan,” terangnya.

Adapun negera yang sudah menerapkan program ini adalah Belanda, Italia, Perancis, Belgia dan Amerika. “nah kami menilai palembang juga bisa menerapkan city Beacon ini, dan akan menjadi percontohan untuk kota dan negara lainnya,” pungkasnya.