Detak-Palembang.com PALEMBANG – Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang sudah mempersiapkan diri untuk menyambut Asian Games pada Bulan Agustus 2018 mendatang.

Direktur Utama RSMH, Dr.Mohammad Syahril Sp.P, MPH. Mengatakan, pada Asian Games nanti sudah ada sistem penanganan kesehatan. Ada Medical Center di Jakabaring yang mempunyai tempat yang  luas dan lengkap peralatannya.

“Kalau Atlet terkena penyakit atau mengalami cedera maka pertolongan pertamanya ada di medical center Jakabaring. Bila membutuhkan perawatan yang lebih lanjut baru di rujuk ke RSMH,” ungkapnya di RSMH, Minggu (02/06)

Lanjutnya, rujuknya bergantung  dengan kasusnya, kalau hanya ringan saja bisa ke RS Bari, RS Siloam, RS Charitas, RS Siti Khadijah.

“Tetapi dianjurkan langsung ke RSMH, karena alat-alat  dan tenaga medis yang lengkap. Disini juga lengkapi dengan  lima Ambulans yang sangat canggih. Dalam Ambulans itu orang bisa berdiri berbeda dengan Ambulans yang lain,” jelasnya.

Ditambahkannya, tenaga medis RSMH di Asian Games nanti di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. Disana tenaga medis akan dibagi menjadi tiga ship, setiap ship 15 orang lengkap dengan dokter spesialis.

Sementara untuk mengantisipasi libur panjang dan lebaran  RS MH akan membentuk Poli Siaga. Walaupun libur RSMH tidak libur kecuali yang benar benar libur seperti lebaran.

“RSMH akan ada dua poliklinik siaga yakni poliklinik anak-anak dan dewasa. Untuk IGD tetap buka seperti biasa 24 jam. IGD ada 5 orang dokter spesialis yang standby,” tutupnya.