Detak-Palembang.com SOLO – Laskar Wong Kito telah memastikan ikut serta di Piala Gubernur Kaltim (PGK) dijadwalkan bakal digelar pada 18-28 Februari 2018.

Nah ternyata Headcoach Sriwijaya FC (SFC) Rahmad Darmawan memiliki dua alasan kuat sangat ingin menampilkan performa anak asuhnya di laga tersebut.

“Kita ikut PGK karena turnamen memang sangat kami tunggu,” jelas RD.

Dipaparkannya alasan pertama skuat Laskar Wong Kito memang membutuhkan laga uji coba lagi. Lantaran organisasi tim disebutnya masih 100 persen belum rampung.

“Kita sebenarnya masih butuh laga uji coba untuk mematangkan organisasi tim. Saya tau sulit mencari lawan untuk uji coba. Karena ada turnamen ini tentunya bisa menjadi pengganti,” ujar RD.

Lalu alasan kedua RD menyebutkan meskipun mulus berlaga di Piala Presiden 2018. Namun semua anak asuhnya tidak memiliki kesempatan untuk tampil sesuai dengan kebutuhan tim. Di turnamen PGK dia bisa memberikan kesempatan lebih banyak khususnya kepada pemain yang minim pentas di Piala Presiden.

“Karena semua pemain belum bertanding dan di coba. Makanya iklim kompetisi di turnamen sangat saya butuhkan agar semua pemain yang lain mencoba,” tuturnya.

Dilanjutkannya untuk berlaga di Piala Presiden sebenarnya RD tidak memilih pemain. Dia hanya mencoba tipikal pemain yang cocok untuk setiap lawan dan kebutuhan tim. “Semua pemain baik tidak ada yang kurang. Hanya saja kita terkendala regulasi Beto dan Esteban yang belum selesai jadi kita ikut regulasi semua tidak bisa diturunkan. Artinya saya memilih pemain kebutuhan tim dulu bukan tidak menurunkan pemain,” pungkasnya.

Sementara itu sejauh ini progres persiapan PGK jilid II berjalan lancar. Ketua Organizing Committee PGK, Dayang Donna Walfiares Tania mengatakan peserta tetap berjumlah 8 klub.

Dari 8 peserta itu, dua klub masih berstatus on progress. Artinya dua klub ini belum memberikan balasan konfirmasi terkait keikutsertaannya di PGK jilid II.

Menurut Donna, kedua tersebut yaitu Persebaya Surabaya dan Persib Bandung. Sedangkan 6 tim lainnya kemungkinan besar bakal ambil bagian di PGK Jilid II sembari menanti kepastian terakhir.

“Peserta yang konfirmasi Borneo FC, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Bali United, Madura United, dan Arema FC. Persebaya dan Persib masih on progres,” kata Donna dikutip dari Tribunkaltim.co,

Pihaknya juga bersiap menghubungi klub lain apabila Persebaya dan Persib Bandung tidak berpartisipasi di PGK. Belakangan Barito Putra menunjukkan kesiapanya berlaga di PGK, sedangkan PSM Makassar dikabarkan batal mengikuti PGK.