Detak-Palembang.com KEDIRI – Bakti sosial donor darah dalam rangka HUT Korem 082/CPYJ, berlangsung di Makodim 0809/Kediri. Ratusan orang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno secara langsung mengawasi jalannya donor darah tersebut, rabu (11/07).

Sebagaimana konfirmasi dari Danrem 082 Kolonel Arm Budi Suwanto, bakti sosial ini tidak terlepas dari kepedulian TNI, khususnya Kodim jajaran Korem 082/CPYJ, terhadap ketercukupan kebutuhan darah. Menurutnya, tercukupinya kebutuhan darah, secara otomatis dapat membantu orang yang membutuhkan darah, dalam hal ini adalah tindakan medis.

Sementara itu, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno menyatakan sangat berterima kasih kepada pendonor darah yang secara sukarela meluangkan waktunya dan peduli terhadap sesama. Baginya, kepedulian terhadap cadangan atau pasokan darah yang ada di PMI sangatlah penting.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua pendonor darah yang datang dan menyumbangkan darahnya kepada PMI. Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama dan tentunya bakti sosial ini diharapkan sedikit banyak membantu PMI,” ujarnya.

Dari catatan Pasi Ter Kodim Kediri Kapten Inf Warsito, 274 pendonor darah turut berpartisipasi dalam bakti sosial ini, dari TNI, Polri, FKPPI, Persit Kartika Chandra Kirana serta masyarakat.

Menurut Kepala unit transfusi darah, dr.Ira Widiastuti, syarat maupun ketentuan pendonor darah ,sudah ditentukan sesuai aturan yang berlaku pada umumnya, baik faktor usia, berat badan maupun kondisi fisik. Terlebih, ia menyatakan bahwa tenaga medis dari PMI yang datang dan memeriksa serta pengambil darah adalah tenaga medis profesional.

Ditempat terpisah, Ketua PMI Kota Kediri Hj.Lilik Muhibah yang juga Wakil Walikota Kediri, merespon positif apa yang dilakukan Kodim Kediri dalam rangka HUT Korem 082/CPYJ ke-70 dan ia menyatakan terima kasih atas supportnya kepada PMI dalam bentuk bakti sosial donor darah.

Dalam keterangannya, Kapenrem 082 Mayor Caj Chandra Yuniarti, secara serentak dan tersebar, bakti sosial donor darah dalam rangka HUT Korem 082/CPYJ ke-70 dilaksanakan di Kediri, Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Jombang dan Mojokerto. Unsur kemanusiaan, baginya tidak lepas atas keberadaan TNI yang ada ditengah-tengah masyarakat.