Detak-Palembang.com ACEH BESAR – Dalam rangka Hari Ulang Tahun Kodam Iskandar Muda ke-61, Kodam Iskandar Muda menggelar lomba burung berkicau dilapangan Rindam IM, Mata Ie, Aceh Besar, Minggu pagi (24/12).

Adapun jenis burung yang dilombakan dalam “Pangdam IM CUP” diantaranya : Murai Batu, Kacer, Love Bird, Kapas Tembak dan Kenari.

Perlombaan festival kicau burung ini di ikuti kurang lebih 150 peserta dari berbagai wilayah di Aceh.

Penilaian lomba kicau burung yang digelar ini, ditentukan oleh panitia dengan kriteria kicauan burung yang paling merdu dan menarik.

Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Moch. Fachrudin S.Sos mengatakan lomba burung berkicau ini tujuan utamanya menjalin silaturhami para pencinta burung di Aceh, lebih dari itu tentunya keterlibatan TNI-AD dalam hal ini Kodam IM merupakan suatu bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat dari komunitas apapun, termasuk pencinta burung.

“Saya berharap kepada para pencinta burung kiranya tidak hanya mencintai kicauannya saja, tetapi ikut pula berperan untuk melestarikan burung-burungnya bersama masyarakat dengan menjaga ekositem burung, dengan menanam dan memilihara pohon-pohon yang burung suka ada disana,” pesannya.

“Dengan perlombaan kicau burung ini, kita menanamkan semangat untuk tetap mencintai lingkungan, selain menjaga kebersihannya mari kita tanami pohon-pohon dilahan pekarangan dan lahan kosong disekitar kita,” ajak Pangdam.

Dengan berakhirnya lomba kicauan burung tersebut, keluar sebagai juara I diraih oleh M Khadafi dengan nama burung ATM berasal dari Bird Club Abulyatama BC. Juara II Tozz Nama burung 168 dari Bird Club Master BC. Sedangkan juara III diraih oleh Khalisa nama burung Polem dari Bird Club Abulyatama BC.

Turut hadir dalam lomba kicau burung tersebut Irdam, Danrindam, para Perwira Ahli Pangdam IM, para Asisten, Kabalakdam, Kapolres Banda Aceh, serta para Dansat se-garnizun Banda Aceh dan Aceh Besar.