Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sudah menjadi tugas dari Humas untuk menyampaikan informasi yang tepat, benar, akurat tentang kinerja pemerintah kepada masyarakat.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo-RI), Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, sekarang ini banyak informasi informasi yang negatif berupa hoak dan ujaran kebencian.

“Bagaimana cara melawannya yakni dengan menyampaikan informasi positif. Sangat baik kalau setiap hari mengunggah informasi positif maka akan mengurangi informasi negatif karena hoak atau ujaran kebencian,” ujarnya saat pengukuhan Badan Koordinasi Humas Provinsi Sumatera Selatan, di Auditorium Bina Praja, Jumat (03/11).

Lanjutnya, hoak atau ujaran kebencian sangat berbahaya, bisa menyebabkan disintegrasi bangsa. Karena Bakohumas yang ada, berasal dari SKPD bahkan dari BUMD, dari lembaga lembaga lembaga yang tergabung dalam FKPD maka dapat menangkal informasi hoak dan ujaran kebencian.

“Saya berharap bakohumas lebih proaktif   lebih bersinergi  sehingga dapat memberikan informasi tentang kinerja pemerintah baik yang sudah yang sedang  dan akan dilakukan oleh Pemda provinsi Sumsel,” harapnya.

Untuk mencegah informasi negatif di media sosial adalah dengan cara kita lebih banyak  menyampaikan informasi  positif. Orang dalam menggunakan WA, Facebook dan lainnya, senang share informasi, kalau informasi positip yang disampaikan maka informasi positif ini yang akan menyebar.

“Bakohumas harus proaktif dalam membuat konten konten positif. Bakohumas dan juga perlu melakukan literasi media khususnya literasi media sosial kepada masyarakat agar  menggunakan media sosial dengan Arif.

Ia menyampaikan agar waspada terhadap informasi-informasi yang hoak dan ujaran kebencian, delet saja informasi hoak dan ujaran kebencian jangan pernah ikut menyebarkannya informasi negatif.

Sementara itu Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ahmad Najib menyampaikan bahwa Bakohumas agar dapat bekerjasama menyampaikan informasi tentang Pilkada serentak 2018 dan Juga Asian Games.

“Pesan harus disampaikan dengan baik juga dalam menghadapi kritikan ataupun saran. Oleh karena itu tugas kehumasan itu berat. Akan tetapi kalau bekerjasama bebannya menjadi lebih ringan dan memberikan program yang lebih baik kepada masyarakat sehingga muncul partisipasi. Bila bakohumas bekerja dengan baik maka hasilnya juga akan menjadi baik,” ujarnya singkat.